Rabu, 22 November 2023

Rabu, November 22, 2023
Penandatanganan kerja sama ini adalah mewujudkan kolaborasi berupa bentuk kegiatan perkuliahan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk mempercepat pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 2 yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus dengan harapan mahasiswa dapat mengembangkan diri sehingga memiliki bekal keterampilan yang mumpuni. Foto: Humas UGJ

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Bandung dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi serta implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Rabu (22/11) di ruang rapat Rektor UGJ.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut para Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Badan, Dekan, Direktur Pascasarjana serta Ketua dari 5 Program Studi di Fakultas Pendidikan dan Sains UGJ.

Selain itu hadir pula dari IKIP Siliwangi Dr. M. Afrilianto, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kerja Sama, Galih Dani Septiyan Rahayu, M.Pd selaku Kepala UPT MBKM dan M. Rizal Fauzi, M.Pd. Kepala UPT Humas dan Kerja Sama.

Tujuan dari penandatanganan kerja sama ini adalah mewujudkan kolaborasi berupa bentuk kegiatan perkuliahan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk mempercepat pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 2 yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus dengan harapan mahasiswa dapat mengembangkan diri sehingga memiliki bekal keterampilan yang mumpuni.

Kesepakatan juga menyasar pada IKU 3 yaitu dosen berkegiatan di luar kampus yang tentunya masih berhubungan dengan pembelajaran sehingga dosen dapat meningkatkan kompetensinya. Kesepakatan yang dibicarakan selanjutnya mengenai pengelolaan atau mitra bestari jurnal ilmiah.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I, Dr. Surya Amami Pramuditya, S.Si., M.Si menyampaikan ucapan terima kasih dan menyambut baik kedatangan serta maksud dari kerja sama tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa “MoU yang telah terlaksana di Tahun 2021 semoga dapat direalisasikan oleh fakultas melalui MoA dan IA yang ditandatangani saat ini.

"Kerja sama merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi dalam membangun jejaring yang berorientasi kepada ketercapaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing," katanya.

“Bagi Perguruan Tinggi kerja sama ini sangat penting, oleh karena itu kami sangat menyambut baik," tambahnya.

Ia menjelaskan, salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) yang terkait dengan kerja sama ini adalah pencapaian IKU 6, dimana Fakultas atau Program Studi berkolaborasi dalam bidang yang relevan sehingga akan dapat menghasilkan banyak peluang kerja sama.

"Di dalam IKU 6 dibahas tentang adanya Program Studi yang bekerjasama dengan mitra kelas dunia dalam hal ini mitra yang dimaksud adalah perusahaan atau Perguruan Tinggi yang ada di dalam negeri maupun luar negeri, sehingga dengan adanya kolaborasi tersebut maka Program Studi yang bekerjasama dapat saling menyempurnakan kegiatan-kegiatannya," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap bahwa MoU, MoA serta IA ini bukan sekedar hanya dokumen yang hanya di upload dalam laporan KerMa, namun benar-benar harus ada realisasinya dan diimplementasikan untuk kemajuan Perguruan Tinggi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kerja Sama IKIP Siliwangi Bandung, Dr. M. Afrilianto, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada UGJ yang telah memberikan kesempatan kepada IKIP Siliwangi Bandung untuk dapat berkolaborasi dengan UGJ.

“Saya ucapkan terimakasih khususnya kepada Bapak Rektor UGJ beserta jajaran yang telah menerima kami dengan sangat luar biasa, ini menjadi langkah awal untuk kita kembali berkolaborasi dan bekerjasama khususnya pada bidang-bidang yang telah tertuang dalam kesepakatan bersama ini," ucapnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan harapannya, setelah dilaksanakannya penandatanganan kerja sama dapat memperkuat hubungan antara IKIP Siliwangi dan UGJ serta dapat menjalankan implementasi agar bersama-sama mencapai IKU. (CB-003)