Jumat, 10 November 2023

Jumat, November 10, 2023
Berkat jasa para Pahlawan, menjadikan seluruh bangsa Indonesia sekarang ini bisa menikmati masa kemerdekaan.

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon bersama Forkopimda Melakukan Upacara peringatan Hari Pahlawan, di Halaman Kantor Bupati Cirebon.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menjadi Inspektur upacara.

Upacara tersebut dilakukan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang gugur dalam pertempuran di Surabaya, pada tanggal 10 November 1945.

Pertempuran tersebut merupakan pertempuran terbesar setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam pertempuran tersebut jendral pasukan sekutu Brigadir Jendral Mallaby tewas pada tanggal 30 Oktober 1945, sebab itulah yang membuat pasukan Inggris marah, dan mengeluarkan ultimatum.

Namun ultimatum tersebut tidak dihiraukan, sehingga terjadi pertempuran dahsyat pada 10 November 1946. Pertempuran tersebut dimenangkan oleh bangsa Indonesia, banyak para pahlawan tanah air yang gugur Dalam pertempuran di kota Surabaya.

Oleh karena itu, Kota Surabaya dikenang dengan Kota Pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan dilakukan setiap tanggal 10 November.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi mengatakan peringatan Hari Pahlawan ini sebagai ucapan terimakasih kepada para Pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia.

"Upacara peringatan Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para Pahlawan," katanya. Jum'at (10/11/2023)

Imron menambahkan, berkat jasa para Pahlawan, Indonesia bisa menjadi negara merdeka dan bisa sampai sekarang ini.

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita para pahlawan.

"Peringatan Hari pahlawan ini untuk merenungkan jasa para pahlawan, dan ayo kita semua lanjutkan cita-cita para pahlawan," tambahnya. (CB-004)