Rabu, 08 November 2023

Rabu, November 08, 2023
Menpora Dito Arietedjo membuka Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 di Kabupaten Cirebon, Rabu (8/11).

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Arietedjo memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon yang menggelar Kejuaraan antar kampung (Tarkam) Kemenpora 2023.

Pasalnya, Kejuaran Tarkam Kemenpora 2023, yang digelar Pemkab Cirebon diikuti peserta dengan jumlah peserta terbanyak, yakni 900 atlet.

Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 8 dan 9 November 2023 di tiga tempat, yakni Stadion Ranggajati, GOR Ranggajati, dan GOR Plumbon.

Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 tersebut akan melombakan 3 cabang olahraga (cabor) yakni Badminton, Voli, dan Atletik, dengan diikuti oleh 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Menpora Dito Arietedjo mengatakan, dirinya mengapresiasi banyaknya peserta yang terlibat dalam Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 di Kabupaten Cirebon.

"Dan yang kita sangat apresiasi adalah kepesertaannya, ada sekitar 900an atlet. Ini peserta paling banyak," kata Menpora Dito saat membuka Kejuaraan Tarkam 2023 di Kabupaten Cirebon, Rabu (8/11).

"Yang voli itu sampai 444 atlet, badminton 216 atlet dan atletik 243 atlet," tambahnya.

Dito mengungkapkan, Kemenpora membuat Kejuaran Tarkam tersebut untuk menjaring kepesertaan, juga meningkatkan potensi dan opportunity dari bibit-bibit atlet-atlet muda yang nantinya bisa dibina.

Ia juga meyakini bahwa dari 900an atlet ini, pasti minimal 20 persen yang memiliki potensi yang sangat cemerlang.

"Inilah yang Kemenpora lakukan hari ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih mengatakan, Kabupaten Cirebon dipilih langsung oleh Kemenpora untuk menyelenggarakan kejuaran Tarkam Kemenpora 2023.

"Dari 50 Kabupaten kota di Jawa Barat, Kabupaten Cirebon terpilih sebagai penyelenggara kejuaran antar kampung, terimakasi pak menteri," katanya.

Ayu menambahkan dari Kejuaran Tarkam Kemenpora 2023 tersebut, para atlet dapat mengasah kemampuan dan menambah jam terbang atlet Kabupaten Cirebon.

Ia juga berharap dari penyelenggaraan Kejuaran Tarkam Kemenpora nantinya dapat menjadi agenda rutinan Pemkab Cirebon.

"Semoga bisa menjadi agenda rutin tahunan di Kabupaten Cirebon, sebagai upaya pembangunan bidang pemuda dan olahraga menjungjung sportifitas dalam pertandingan," tambahnya. (CB-004)