Kamis, 16 November 2023

Kamis, November 16, 2023
Penyerahan klaim asuransi nelayan di Aula Mako Ditpolairud Polda Jabar, Rabu (15/11). Foto: Dok. Cirebon Power

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Ahli waris dari dua nelayan asal Desa Playangan, Kecamatan Gebang dan Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon menerima manfaat atau pembayaran klaim asuransi nelayan.

Asuransi nelayan merupakan program unggulan Ditpolairud Polda Jabar yang bekerjasama dengan Cirebon Power dan telah berjalan sejak tahun 2018 dan terus berlanjut hingga saat ini.

Program asuransi nelayan digagas untuk membantu para nelayan khususnya di wilayah hukum Ditpolairud Polda Jabar melalui pembayaran klaim yang diberikan bila nelayan mengalami kecelakaan, sakit atau meninggal dunia.

Kasrinah, ahli waris dari Makmur, warga Desa Playangan Kecamatan gebang, mengaku sangat bersyukur suaminya telah terdaftar dalam program asuransi nelayan.

Menurut Kasrinah, suaminya yang seorang nelayan, meninggal terkena serangan jantung.

"Uang santunan dari asuransi nelayan ini, akan digunakan untuk modal usaha, guna menghidupi keluarga," katanya.

Ia merasa sangat terbantu dengan adanya program asuransi nelayan ini.

Kasrinah juga menyampaikan terima kasih kepada Cirebon Power dan Ditpolairud Polda Jabar, yang sudah membantu para nelayan untuk memiliki asuransi.

"Saya ucapkan terima kasih sekali, karena asuransi ini sangat membantu kami," kata Kasrinah.

Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol I Made Sukawijaya, sangat bangga dan menyambut baik adanya program asuransi nelayan ini.

Menurutnya, program seperti ini belum pernah ia temukan di sejumlah daerah yang pernah ia tempati untuk bertugas.

"Saya dinas di Jakarta, Kalbar, Kalsel dan wilayah lainnya, belum pernah ada program seperti ini," ujarnya.

I Made mengatakan, bahwa program seperti ini harus tetap dijaga dan terus dilanjutkan. Karena asuransi nelayan seperti ini, sangat membantu masyarakat, terutama para nelayan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power, atas kerjasamanya, sehingga bisa bersama-sama menjalankan program asuransi nelayan ini dengan baik. Menurutnya, program ini merupakan bukti bentuk perhatian dan partisipasi perusahaan untuk masyarakat disekitarnya.

"Kerjasama dan program seperti ini, harus dilanjutkan, karena sangat membantu nelayan di Cirebon," katanya.

Community Development Manager Cirebon Power, Hafid Saptandito mengatakan, bahwa program asuransi nelayan, merupakan salah satu program berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Cirebon Power, bekerjasama dengan Ditpolairud Polda Jabar.

Ia juga menuturkan, bahwa program asuransi nelayan ini, akan tetap dilaksanakan pada tahun depan. Pihaknya akan kembali memberikan asuransi kepada 3.000 nelayan di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

"Tahun depan, kami akan kembali memberikan asuransi untuk 3.000 nelayan," kata Hafid. (CB-003)