Rabu, 08 November 2023

Rabu, November 08, 2023
Pembukaan lomba penanganan stunting antar kecamatan di Ruang Paseban, Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Selasa (7/11).

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Bupati Cirebon, Imron, berikan apresiasi kepada Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Cirebon yang menyelenggarakan lomba penanganan stunting antar kecamatan.

Apresiasi tersebut disampaikan Imron saat membuka acara lomba penanganan stunting antar kecamatan di Ruang Paseban, Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon.

Imron mengatakan, stunting menjadi persoalan yang harus ditangani bersama. Oleh karena itu, kesadaran dan pengetahuan yang mencangkup penyebab serta penanganannya harus terus digencarkan oleh pemerintah.

Setiap Camat harus mengetahui angka stunting di wilayahnya, dan melakukan upaya pencegahan stunting.

"Salah satunya melalui lomba penanganan stunting tingkat kecamatan ini, semoga Kabupaten Cirebon bebas stunting,” katanya. Selasa (7/11)

Ketua Korpri Kabupaten Cirebon, Hendra Nirmala, mengatakan, lomba penanganan stunting antar kecamatan tersebut digelar dalam rangka HUT ke-52 Korpri, yang jatuh pada tanggal 29 November 2023 nanti.

Pihaknya memilih lomba tersebut, sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah dalam percepatan pembangunan dan mempercepat penanganan stunting.

“Biasanya, dalam setiap peringatan HUT Korpri, kami menggelar olahraga atau gerak jalan, tetapi kali ini berbeda,” katanya.

Hendra menambahkan, pemerintah pusat sudah menggelontorkan banyak anggaran untuk penanganan stunting di Kabupaten Cirebon.

Berdasarkan data yang didapatkan Hendra, angka stunting di Kabupaten Cirebon sekitar 14.000 atau 8,59 persen dari total balita.

“Salah satunya, dana sebesar Rp20 miliar untuk pengadaan antropometri. Harus ada kerja keras untuk menekan angka stunting tersebut,” tambahnya.

Hendra menjelaskan, total Kecamatan yang mengikuti lomba tersebut hanya 21 Kecamatan dari 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Ia sangat menyayangkan dengan jumlah tersebut, padahal lomba tersebut merupakan bagian dari evaluasi kinerja Kecamatan dalam penanganan stunting tersebut.

“Pengumuman akan dilakukan saat puncak peringatan HUT Korpri pada tanggal 29 November 2023. Disiapkan hadiah, yakni juara pertama Rp10 juta, juara ke-dua Rp7,5 juta, dan juara ke-tiga Rp5 juta," jelasnya.

"Mudah-mudahan menjadi motivasi dan semangat dalam melakukan penanganan stunting,” tutupnya. (CB-004)