Minggu, 22 Oktober 2023

Minggu, Oktober 22, 2023
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menandatangani prasasti peresmian nama Aula Gedung Asrama Haji Watubelah, Minggu (22/10).

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi meresmikan nama KH. Abbas Abdul Jamil sebagai nama Aula Gedung Asrama Haji Watubelah, Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.

Peresmian tersebut dilakukan setelah upacara peringatan Hari Santri Nasional 2023 tingkat Kabupaten Cirebon di Stadion Ranggajati Sumber, Kabupaten Cirebon, Minggu (22/10).

Pemberian nama gedung dengan nama KH. Abbas Abdul Jamil juga terkait upaya dari pemerintah Kabupaten Cirebon, melalui Dinas Sosial yang tengah berproses mengusulkan gelar pahlawan nasional bagi KH. Abbas Abdul Jamil.

Imron mengungkapkan alasan nama KH. Abbas Abdul Jamil untuk dijadikan nama aula Gedung Asrama Haji Watubelah.

Menurutnya, KH. Abbas Abdul Jamil merupakan kiai dan tokoh masyarakat dari Kabupaten Cirebon yang telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara.

Pemberian nama gedung dengan nama KH. Abbas Abdul Jamil, juga berdasarkan usulan dan desakan dari masyarakat.

"KH. Abbas Abdul Jamil sudah sangat berjasa bagi bangsa Indonesia, dan sudah seharusnya mendapatkan apresiasi dari negara," katanya.

"KH. Abbas Abdul Jamil adalah tokoh Cirebon yang pengaruhnya sangat luas, tidak saja bagi masyarakat Cirebon tetapi juga bangsa Indonesia," sambung Imron.

Menurutnya, tanpa KH. Abbas, mungkin tidak akan ada Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, karena telah memenangkan pertempuran di Surabaya.

Peresmian nama Gedung Aula KH. Abbas Abdul Jamil, Asrama Haji Kabupaten Cirebon tersebut, juga untuk mengenang jasa KH. Abbas Abdul Jamil sebagai Pahlawan Nasional dari Cirebon.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap sosok KH. Abbas Abdul Jamil," ujar Imron.

Sementara itu, pihak keluarga KH. Abbas Abdul Jamil yang diwakilkan oleh cucunya, Kyai Mohammad Mustahdi mengatakan, mengaku senang dan bersyukur bahwa perjuangan kakeknya diapresiasii oleh negara.

Pihaknya juga sangat meyakini bahwa kakeknya tersebut, berjuang dalam membela negara dilandasi dengan keikhlasan dan semata-mata karena Allah SWT.

"Saya mengucapkan terima kasih pada tim pengusul, yang terus berikhtiar supaya KH. Abbas mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional," katanya. (CB-004)