Sabtu, 09 September 2023

Sabtu, September 09, 2023
Ratusan peserta Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 regional Cirebon berkompetisi untuk memperebutkan tiket Grand Final di Jakarta.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Ratusan peserta mengikuti penyisihan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 di regional Cirebon yang bertempat SMPK-SMAK Penabur Cirebon, Sabtu (9/9).

Mereka berkompetisi untuk memperebutkan tiket ke grand final yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Sabtu 16 September 2023 mendatang.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 sendiri diselenggarakan oleh Yayasan BPK Penabur yang bekerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA).

Ada empat regional yang menyelenggarakan penyisihan secara serentak hari ini, yakni Cirebon, Jakarta, Bandung dan Bandar Lampung dengan total peserta sebanyak 1.757 siswa. Dengan jumlah tersebut, Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 ini juga berhasil memecahkan rekor MURI sebagai perlombaan catur pelajar terbanyak di Indonesia.

Ketua Penyelenggara Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 Regional Cirebon, Agus Kristiono mengatakan, perlombaan catur ini merupakan agenda tahunan yang digelar oleh BPK Penabur bersama Percasi dan SCUA.

"Sebagai upaya untuk mengembangkan pelajar yang punya hobi bermain catur, selain itu juga untuk membentuk karakter berjuang, menerima kekalahan dan mencari bibit-bibit pecatur handal," katanya kepada Cirebon Bribin.

Ia menuturkan, sambutan atas gelaran ada sebanyak 237 peserta dari target semula hanya 200 peserta yang mengikuti penyisihan di Regional Cirebon.

"Bukan hanya dari Cirebon atau Ciayumajakuning, namun pesertanya juga banyak datang dari luar Provinsi Jawa Barat seperti dari Pekalongan, Purworejo hingga Semarang," tuturnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, ada delapan kategori yang dipertandingkan dalam Festival Catur Pelajar ini. Yakni kategori SD kelas 1-3 putra dan putri, kategori SD kelas 4-6 putra dan putri, kategori SMP putra dan putri lalu kategori SMA putra dan putri.

"Masing-masing kategori akan diambil lima pemenang, jadi nantinya akan ada 40 pemenang dari Regional Cirebon untuk bertanding pada babak selanjutnya di Jakarta," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan BPK Penabur Cirebon, Decianah Liatna mengatakan, pihaknya berterima kasih atas antusias peserta yang luar biasa.

"Terima kasih bapak dan ibu orang tua yang sudah mendukung putra putrinya mengikuti perlombaan hari ini," katanya.

Ia mengungkapkan, perlombaan catur ini adalah yang ke empat kalinya diadakan, bila selama ini online maka kali ini diadakan onsite yang secara serentak diadakan di empat kota yakni Bandar Lampung, Jakarta, Bandung dan Cirebon.

"Terdaftar 1.757 siswa dan berhasil memecahkan rekor MURI untuk perlombaan catur pelajar terbanyak di Indonesia," tambahnya.

Deci menambahkan, lewat perlombaan catur ini juga BPK Penabur mengajak para peserta atau pelajar untuk belajar cermat, strategis, teliti.

"Bagi yang belum berhasil jangan berkecil hati, kami BPK PENABUR akan senantiasa secara rutin mengadakan lomba ini. Kepada panitia lomba, terima kasih atas kerja kerasnya menyiapkan kegiatan ini," tambahnya. (CB-003)