Sabtu, 28 Januari 2023

Sabtu, Januari 28, 2023
Gerakan Pramuka Saka Bhayangkara menjadi wadah pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak muda yang kreatif dan memiliki semangat tinggi.

TALUN (CIREBON BRIBIN) - Polsek Talun, Polresta Cirebon menggelar Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Saka Bhayangkara Pramuka Penggalang se Kwarran Talun, Sabtu (28/1).

Kegiatan yang berlangsung di Mapolsek Talun ini diikuti sebanyak 400 orang siswa-siswi Pramuka se Kwarran Talun.

Kapolsek Talun, AKP Yuliana mengatakan, kegiatan Saka Bhayangkara ini bertujuan untuk meningkatkan dan memupuk solidaritas sesama anggota Saka Bhayangkara guna mendukung tugas Polri dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif di Polresta Cirebon khususnya di Wilayah Polsek Talun.

"Serta membangkitkan kembali semangat gerakan Pramuka Saka Bhayangkara sebagai wadah pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak muda yang kreatif dan memiliki semangat tinggi," katanya kepada Cirebon Bribin.

Ia mengungkapkan, sesungguhnya pada dewasa ini gerakan Pramuka serta generasi muda di Indonesia banyak sekali menghadapi berbagai masalah dan tantangan. Diantaranya masih tingginya angka putus sekolah, sulitnya mendapatkan pekerjaan, maraknya tindakan kriminalitas di kalangan generasi muda tentu saja sangat memperhatikan kita semua.

"Kegiatan gerakan Pramuka ini mempunyai peranan penting sebagai lembaga pendidikan non formal yang bertujuan utamanya untuk membentuk karakter, dan menanamkan semangat kebangsaan, serta meningkatkan ketrampilan para generasi muda," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini juga Pihaknya mengajak kepada seluruh adik-adik Pramuka untuk berpartisipasi aktif dalam rangka mencegah dan menanggulangi kejahatan ataupun gejala-gejala sosial yang mengarah menjadi gangguan kamtibmas, serta diharapkan menerapkan nilai-nilai yang terkandung didalam Tri satya dan Dasa Darma Pramuka pada kehidupan sehari-hari dan mewujudkan dengan perbuatan guna mengubah diri menjadi lebih baik dalam menyongsong masa depan yang gemilang.

Yuli juga berpesan agar adik-adik Pramuka senantiasa mengikuti perkembangan kemajuan tehnologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat untuk dimanfaatkan sebagai media penyampaian pesan-pesan pemeliharaan kamtibmas dan tidak menggunakan media sosial untuk hal-hal yang negatif karena dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

"Gunakan media sosial untuk mengajak adik-adik lainnya bergabung dengan gerakan pramuka guna mewujudkan generasi muda yang berkarakter, tangguh, sehat dan bersahabat," pesannya.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan pembinaan dan pelatihan ini semoga dapat dijadikan sebagai pedoman dan wawasan, serta ilmu untuk adik adik semuanya, sehingga bisa mengenal lebih dekat dengan Polri," tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Saka Bhayangkara Pramuka Penggalang se Kwarran Talun ini dihadiri juga oleh Ketua Kwarran Salam Abadi beserta jajarannya, Ketua PGRI Talun Rifai'i, Ketua K3S Wilayah Talun, perwakilan Kepala Sekolah Wilayah Talun dan para Pengurus Kwarran Wilayah Kwartir Talun. (CB-003)