Senin, Agustus 29, 2022
Vaksinasi Covid-19 untuk menciptakan kekebalan komunal di masyarakat. Foto : BINDA Jabar

SURANENGGALA (CIREBON BRIBIN) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Barat (Jabar) menyelenggarakan vaksinasi massal di Desa Keraton, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Senin (29/8/2022). Kegiatan tersebut berjalan sukses dan disambut antusias masyarakat.
Vaksinasi tersebut menargetkan 3.000 dosis yang terdiri dari dosis pertama, kedua, dan ketiga atau booster. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kontribusi BINDA Jabar dalam mendorong terbentuknya kekebalan komunal.

Kuwu Desa Keraton, Muali yang juga Ketua FKKC Kabupaten Cirebon mengungkapkan, vaksinasi tersebut bertujuan membentuk herd immunity di wilayah Kabupaten Cirebon, khususnya di tengah ancaman penyebaran varian baru BA.4 dan BA.5.

"Saat ini, kasus Covid-19 mulai melandai, akan tetapi masyarakat tetap harus waspada apalagi Kementerian Kesehatan RI telah mendeteksi penyebaran subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia," terangnya.

Disebutkannya, saat ini situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Cirebon pun relatif melandai. Diakuinya target vaksinasi massal di Desa Keraton diikuti oleh 3.000 warga setempat.

Sehingga melihat perkembangan pandemi Covid-19 terbaru maka pelaksanaan vaksinasi mesti digenjot kembali. Kegiatan vaksinasi kali ini juga menyasar seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Cirebon.

Selain itu, kekebalan komunal di tengah masyarakat juga berpotensi bisa menurun seiring perjalanan waktu setelah gelombang vaksinasi dosis pertama dan kedua berlalu. Sehingga harus dilaksanakan vaksinasi booster.

"Untuk itu, pemberian dosis ketiga atau booster harus segera digencarkan agar kekebalan komunal di tengah masyarakat menghadapi risiko penyebaran Covid-19 tetap memadai," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar