Senin, Desember 20, 2021
Jalan Tol Akses BIJB Kertajati terhubung langsung dengan Jalan Tol Cipali di KM 158+700 yang merupakan akses pembuka konektivitas bagi
wilayah Majalengka dan sekitarnya. Foto : Ist

KERTAJATI (CIREBON BRIBIN) - Sebagai bentuk wujud peningkatan pelayanan pada bidang infrastruktur, pada Senin, 20 Desember 2021 ASTRA Tol Cipali operasikan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Hal ini juga sebagai komitmen dari ASTRA Infra Grup, ASTRA Tol Cipali selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan. 

Jalan Tol Akses BIJB Kertajati ini terhubung langsung dengan Jalan Tol Cipali di KM 158+700 yang merupakan akses pembuka konektivitas bagi wilayah Majalengka dan sekitarnya. Jalan Tol Akses BIJB Kertajati yang memiliki panjang jalan sekitar ± 3.7 km, dengan lebar lajur 3,6 meter, berjumlah 4 lajur untuk 2 arah ini merupakan penambahan ruang lingkup yang menjadi bagian dari Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Group CEO ASTRA Infra, Djap Tet Fa mengatakan, pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati merupakan salah satu perwujudan komitmen ASTRA Infra untuk terus meningkatkan kontribusinya bagi kemajuan infrastruktur di Indonesia, meskipun di tengah pandemi Covid-19.

”Dengan beroperasinya jalan tol akses BIJB Kertajati yang menghubungkan langsung Tol Cipali menuju BIJB Kertajati akan semakin mempermudah konektivitas yang tentunya akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat daerah sekitar," katanya, Senin (20/12).

Pembangunan Jalan Tol Akses Kertajati ini juga akan melengkapi keberadaan BIJB Kertajati, yang merupakan kebanggaan Jawa Barat dan Majalengka pada khususnya.

“Kontribusi ASTRA Infra dalam pembangunan tol akses ini akan menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus bentuk perwujudan filosofi ASTRA, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” lanjut Tet Fa.

Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis mengatakan, dengan beroperasinya Jalan Tol Akses BIJB Kertajati pada hari ini, maka Gerbang Tol Kertajati Utama dapat dilalui dengan tarif yang sama seperti gerbang Tol Kertajati. Pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati rampung pada bulan September yang dilanjutkan dengan uji laik fungsi dan uji laik operasi pada bulan Oktober lalu dan telah memenuhi standar pelayanan minimal.

Kami berharap peningkatan layanan yang diberikan ASTRA Tol Cipali dapat memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan saat berkendara khususnya menunjang perekonomian di wilayah sekitar,” katanya.

Jalan tol ini, lanjutnya, sebagai jalan akses yang terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu, menjadi bagian dari program Rebana Metropolitan dengan menghubungkan tiga pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat yakni Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi Kawasan Ciayumajakuning.

Tentunya ASTRA Tol Cipali tidak hanya fokus kepada infrastruktur jalan saja, namun juga beautifikasi wilayah pembangunan akses BIJB Kertajati.Sebagai 
bagian dari wilayah Jawa Barat, ASTRA Tol Cipali membangun icon atau landmark yang berada di interchange Jalan Tol Akses BIJB Kertajati. Icon Angklung dan terasering menjadi ciri khas dan keindahan budaya Jawa Barat sehingga ASTRA Tol Cipali mengusung tema “Melodi Panarima”.

“Melodi Panarima” yang memiliki arti menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan. Diharapkan tidak hanya menjadi melodi untuk menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan masyarakat khususnya pengguna jalan tol, namun juga sebagai bentuk beautifikasi yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang memandangnya sehingga saat berkendara di Ruas Tol Cipali menjadi salah satu experience positif bagi pengguna jalan.

"Dengan dukungan dan sinergi yang baik dari pemerintah maupun pihak yang terkait,
pembangunan akses BIJB Kertajati ini dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu," tutupnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar