Minggu, November 28, 2021
Disdukcapil Kota Cirebon mengisi peringatan HUT Korpri ke 50 dengan memberikan layanan administrasi kependudukan di Mall, Minggu (28/11).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Pelayanan administrasi kependudukan yang dihadirkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Mall merupakan kali pertama. Ini merupakan terobosan yang dihadirkan untuk mengisi hari ulang tahun Korpri ke 50 tahun 2021.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh kepada cirebonbribin.com hari ini di Grage Mall, Minggu (28/11).

"Kita mencoba dalam rangkaian ulang tahun Korpri ini, kita coba di sini membuat terobosan," ungkapnya.

Antusiasme masyarakat yang luar biasa dalam pelaksanaan kegiatan ini, diluar prediksi dari Disdukcapil.

Rahmat menjelaskan, padahal pihaknya setiap Minggu rutin melaksanakan layanan administrasi kependudukan secara mobile atau berkeliling.

"Namun biasanya hanya mendapatkan sedikit," jelasnya.

Terkait antusiasme masyarakat yang luar biasa hingga menciptakan antrian panjang, Rahmat menjelaskan ada beberapa faktor. Yakni, ada warga Kabupaten Cirebon yang ternyata tidak mengetahui bahwa layanan hari ini diperuntukkan untuk warga Kota. Yang kedua, karena ada pencatatan Kartu Identitas Anak (KIA) otomatis yang datang lebih dari satu orang.

"Banyak membawa anggota keluarga, ada yang dengan bapaknya, ibunya, sehingga akhirnya numpuk juga tapi alhamdulillah sudah terselesaikan," ujarnya.

Namun yang perlu digaris bawahi menurut Rahmat adalah intinya sebetulnya Disdukcapil mencoba menjalankan tugas.

"Alhamdulillah dari masyarakat banyak cuma memang perlu kami perbaiki, perlu kami evaluasi bahwa kalau mengadakan di mal ini ternyata harus betul-betul matang, betul-betul direncanakan beda dengan di Kecamatan atau di Kelurahan atau di RW dan ini memang baru pertama kali," katanya.

Adapun terkait rencana pelaksanaan layanan administrasi kependudukan di Mall berikutnya, Rahmat menjawab hal tersebut harus menunggu arahan dari pimpinan terlebih dahulu.

"Nanti di lihat dulu hasil evaluasinya mas, nanti tunggu arahan dari pimpinan," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar