Kamis, November 11, 2021
10 pemenang lomba foto Cirebon Power "Cirebon Bangkit". Foto : Ist

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Lomba foto Cirebon Power dengan tema "Cirebon Bangkit" telah memasuki babak akhir penjurian. Cirebon Power pun telah resmi diumumkan 10 pemenang lomba foto yang disampaikan dalam kemasan diskusi fotografi di Meraki Coffe Kota Cirebon, hari ini, Kamis (11/11). 

Perlombaan ini terbagi dua kategori, yaitu jurnalis dan umum. Selain itu, dipilih juga tiga juara foto favorit dan tiga juara foto harapan. Dengan thema "Cirebon Bangkit", lomba ini ingin menangkap semangat optimisme masyarakat yang bangkit dari efek pandemi. 

Sofyan Efendi, pemenang juara pertama kategori umum menuturkan, bahwa dirinya mengikuti kegiatan lomba foto Cirebon Power untuk kedua kalinya. 

Walaupun bukan berasal dari Cirebon, Sofyan cukup serius untuk bisa mendapatkan foto yang berkualitas di Cirebon. 

"Karena syaratnya, fotonya harus diambil di Cirebon, jadi saya ke Cirebon," ujar pria asli Kota Depok Jawa Barat ini. 

Pada tahun lalu, Sofyan juga mengikuti lomba foto Cirebon Power dan berhasil meraih juara harapan. Sedangkan tahun ini, dua karya fotonya terpilih menjadi juara pertama kategori umum dan juara favorit. 

Ia mengaku mendapatkan informasi lomba ini, melalui media sosial Cirebon Power. Untuk mencari lokasi foto yang akan diambil, ia memanfaatkan mesin pencari dan melihat media sosial yang berbasis di Cirebon. 

"Setelah ketemu alamatnya, saya bawa mobil dari Depok ke Cirebon untuk ambil foto," kata Sofyan. 

Sofyan mengaku senang bisa mendapatkan juara utama dalam lomba ini. Ia juga mengapresiasi Cirebon Power yang memfasilitasi para pecinta foto, untuk mengasah bakatnya. 

Bea Wiharta, fotografer senior yang juga mantan jurnalis media internasional yang ditunjuk menjadi salah satu juri lomba ini menuturkan, bahwa kelebihan dari lomba Cirebon Power, yaitu adanya diskusi fotografi dengan peserta. 

Karena menurut Bea, banyak lomba foto serupa yang diadakan oleh sejumlah perusahaan, namun hanya terbatas mengumumkan pemenang lomba. Sedangkan di Cirebon Power, difasilitasi diskusi untuk bisa mengevaluasi hasil fotonya. 

"Sehingga ada masukan untuk kembali meningkatkan karya fotonya," ujar mantan jurnalis foto kantor berita Reuters ini. 

Bea juga mendukung langkah Cirebon Power, yang secara rutin menyelenggarakan lomba foto. Karena menurutnya, ini merupakan salah satu bentuk apresiasi, bagi para pecinta fotografi, untuk meningkatkan kemampuannya. 

Head of Communication Cirebon Power, Yuda Panjaitan menambahkan, pada lomba yang memiliki tema Cirebon Bangkit ini, panitia menerima sekitar 650 foto dari 200an peserta. 

Jumlah ini tentunya cukup menyulitkan para dewan juri untuk menentukan pemenang lomba. Selain karena jumlahnya yang banyak, kualitasnya juga bagus-bagus. 

"Animonya cukup bagus dan kualitas fotonya juga dari tahun ke tahun semakin membaik" kata Yuda. 

Yuda mengatakan, ajang lomba foto Cirebon Power kini sudah dilirik oleh fotografer luar Cirebon untuk terlibat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pemenang dari luar daerah. 

Karena menurut Yuda, perlombaan dengan total hadiah puluhan juta rupiah ini terbuka untuk umum, baik itu warga Cirebon atau bukan, namun harus tetap mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. 

"Salah satunya yaitu, pengambilan gambar harus berada di wilayah Kabupaten atau Kota Cirebon," kata Yuda. 

PEMENANG LOMBA FOTO CIREBON BANGKIT/2021
Kategori Umum
Juara 1: Sofyan Efendi
Juara 2: Priyo Widianto
Juara 3: Ra Aditya Adhi Puruhita
Juara harapan: Abus Salim, Miftahul Jannah, Ade Aksan Tudoni
Foto favorit: Sofyan Efendi, Lutfi Nurohman, Priyo Widianto
 
Kategori Jurnalis
Juara 1: Okri Riyana
Juara 2: Abdullah Fikri Ashri
Juara 3: Octobryan Purwo.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar