Sabtu, 06 Juni 2020

Sabtu, Juni 06, 2020

Anggota Brimob menggunakan APD lengkap melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah warga dan ruang publik di Kelurahan Panjunan, Kota Cirebon, Sabtu (6/6). Foto : Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar.

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Jajaran Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar melakukan penyemprotan cairan disinfektan di wilayah Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Sabtu (6/6).

Penyemprotan disinfektan itu dilakukan di jalanan hingga kawasan pemukiman warga, bahkan termasuk ruang publik di wilayah Panjunan.

Para petugas tampak mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap dan mengerahkan armored water canon (AWC) serta mobil ranger dalam penyemprotan disinfektan tersebut.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar, Kombes Pol Asep Saepudin, S.IK, melalui Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, AKBP Muhammad Andri, S.Si, mengatakan, penyemprotan itu dibagi menjadi dua tim.

Mobil ranger yang mengangkut sejumlah petugas yang mengenakan APD menyasar kawasan pemukiman warga, sedangkan AWC menyemprotkan disinfektan di ruas jalan protokol.

"Untuk mobil ranger rutenya dimulai dari Asrama Pesisir Polres Cirebon Kota, kemudian dilanjutkan ke wilayah RW 01 hingga RW 10 Kelurahan Panjunan," kata AKBP Muhammad Andri, S.Si.

Sementara rute penyemprotan disinfektan yang dilalui mobil AWC di antaranya, Asrama Pesisir Polres Cirebon Kota,  Jalan Sisingamangaraja, Jalan Bahagia, Jalan Pekarungan, Jalan Panjunan, dan berakhir di Jalan Pasuketan.

Menurut dia, penyemprotan disinfektan itu dilaksanakan untuk memutus penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon.

Armored water canon (AWC) turut dikerahkan untuk melakukan penyemprotan di jalanan. Foto : Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar

Hal itupun sesuai instruksi Kapolri, Jenderal Idham Azis, agar seluruh jajaran Polri di seluruh daerah untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

"Penyemprotan disinfektan ini menjadi upaya kami membasmi virus corona sehingga dampak penyebarannya dapat dikurangi," ujar AKBP Muhammad Andri, S.Si.

Penyemprotan itu tampak dipimpin oleh Komandan Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, Iptu Taryat.

Dalam kesempatan itu, para petugas juga menyampaikan imbauan kepada setiap warga yang ditemui agar selalu menjaga kebersihan, rutin mencuci tangan, mengenakan masker saat keluar rumah, dan laiinnya.

"Hal semacam itu merupakan cara paling mudah dan ampuh mencegah penyebaran Covid-19," tutup AKBP Muhammad Andri, S.Si.(CB-003)