Rabu, Mei 03, 2023
Pengecekan harga dan stok bahan pangan di Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Rabu (3/5).

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Satgas Pangan Kota Cirebon melakukan pengecekan harga dan ketersediaan beberapa komoditas bahan pangan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Cirebon, Rabu (3/5).

Berdasarkan pantauan, harga dan ketersediaan beberapa komoditas bahan pangan cenderung turun meskipun ada beberapa diantaranya seperti beras medium dan bawang putih yang masih belum turun.

Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP Perida Panjaitan mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon melalukan pengecekan untuk mengetahui harga beberapa komoditas bahan pangan usai Lebaran.

"Kami ingin mengecek harga setelah lebaran Apakah harga cenderung tinggi atau justru turun," katanya.

Ia menjelaskan harga komoditas cenderung turun dari harga terakhir pada saat Lebaran.

"Untuk stabilitas harga di Kota Cirebon cenderung stabil terkendali, permintaan juga masih bagus kemudian stok juga aman," jelasnya.

Ia menambahkan, Polres Cirebon Kota siap selalu untuk memantau bagaimana stok pangan yang ada di Kota Cirebon.

"Apabila ada kecurigaan harga tinggi kami akan segera mencari akar permasalahan kenapa harga tersebut bisa tinggi, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Ketahanan Panggan DKP3 Kota Cirebon, Elmi Masruroh, mengatakan, dari hasil pemantauan harga bawang putih masih cenderung tinggi. Selain itu ditemukan juga beras medium yang masih dijual Rp11.000 per kilogram, di atas harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp10.900 per kilogram.

"Untuk bawang putih kan memang kebanyakan produk impor jadi sedikit sekalian produksi dalam negeri jadi tentunya memang karena ada keterkaitan dengan impor itu ya tentunya harganya jadi agak susah untuk dikendalikan," ujarnya.

Sementara itu terkait harga beras medium yang masih dijual di atas HET, Ia menjelaskan berdasarkan keterangan pedagang masih terimbas dari sebelum lebaran karena produksinya berkurang.

"Waktu itu belum panen raya dan ini kan sudah masuk panen raya, otomatis sudah mulai turun," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan antisipasi untuk mencegah harga terlalu tinggi dengan kegiatan gelar pangan murah.

"Kami akan melaksanakan gelar pangan murah, itu tentunya juga untuk stabilisasi harga dan juga pasokan," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar