Kamis, Desember 22, 2022
Pemasangan pita sebagai tanda insan KAI di wilayah Daop 3 Cirebon siap memberikan pelayanan terbaik selama masa angkutan Natal dan tahun baru.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Guna memastikan kesiapan personel, Daop 3 Cirebon melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Nataru 2022/2023 di halaman Parkir Stasiun Cirebon. Kegiatan ini diikuti seluruh pekerja Kantor Daop 3, perwakilan dari posko-posko di stasiun, petugas pengamanan dari unsur internal KAI yakni Polsuska dan security, serta bantuan eksternal yaitu TNI, Polri serta petugas tambahan/relawan dari masyarakat Customer Service Mobile dan Komunitas Pencinta Kereta Api (RF) IRPS Korwil Cirebon, Komunitas Edan Sepur Cirebon dan RF KRD3.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Vice Presiden Daerah Operasi 3 Cirebon, Takdir Santoso, Kamis (22/12).

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan seluruh personel pengamanan angkutan Nataru 2022/2023 yang akan bertugas mulai 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023,” ungkapnya.

Takdir menjelaskan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api, KAI Daerah Operasi 3 Cirebon menyiapkan personel keamanan yang terdiri dari personel Polsuska 94, personel security 105, dan bantuan eksternal dari TNI-Polri 32.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya, seperti dipo lokomotif dan kereta, dengan total petugas 231 orang.

"Serta tetap menjalin komunikasi dengan unsur-unsur keamanan TNI-Polri di sepanjang jalur KA," jelasnya.

Pada bidang pelayanan, PT KAI Daop 3 Cirebon menambah petugas “customer service mobile” (CSM) untuk melayani para pengguna jasa di Stasiun selama masa angkutan Natal 2022 dan tahun baru 2023, untuk mempermudah pelanggan petugas CSM ditempatkan di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan. Selain petugas CSM ada juga petugas Posko bantuan Komunitas Pecinta Kereta Api (RF) Railfans IRPS Korwil Cirebon dan KRD3 dengan tugas memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun yang ramai penumpang.

Untuk pelayanan kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon menempatkan petugas paramedis dan dokter serta ambulans posko di beberapa stasiun besar, seperti Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Arjawinangun dan Brebes.

"Serta koordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA, untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat," ujar Takdir.

Sementara itu, untuk mengantisipasi datangnya musim hujan dan cuaca extrim yang bertepatan dengan masa Angkutan Nataru 2022/2023, PT KAI Daop 3 Cirebon meminimalisir potensi bahaya akibat bencana yang mungkin dapat mengganggu perjalanan KA diantaranya dengan melakukan normalisasi saluran air dari tumpukan sampah, membuang lumpur keluar ruang milik jalan (Rumija), perkuatan penahan tanah pada lokasi rawan amblas dengan retaining wall maupun bronjong serta penempatan alat material untuk siaga (AMUS) di 17 titik dan juga menyiapkan petugas penilik jalan (PPJ) ekstra 45 orang, penjaga jalan lintas (PJL) ekstra 10 orang, dan 12 orang petugas posko daerah rawan ekstra pada 6 titik 10 lokasi.

"Petugas dan perlengkapan tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA," ungkap Takdir.

Lebih lanjut Takdir menambahkan, selama masa angkutan Nataru, pihaknya menyiapkan armada sarana yang handal baik lokomotif dan Kereta, Untuk Lokomotif Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 Lokomotif seri CC 201 dan 206 sedangkan untuk kereta menyiapkan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir, 2 Trainset untuk KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember dan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon tambahan relasi Cirebon-Gambir.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon menyediakan 82.422 tempat duduk selama masa angkutan Natal dan tahun baru 2023 keberangkatan dari Stasiiun wilayah Daop 3 Cirebon tujuan Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jember.

PT KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

"Untuk menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan KA Lokal/Aglomerasi sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dan menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementrian Kesehatan Nomor HK.02.02/11/3984//2022 tentang kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun baru 2023," tambahannya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar