Rabu, Desember 28, 2022
Uji coba penerapan subsidi tepat secara menyeluruh (Full Cycle) menggunakan kode QR untuk transaksi pembelian Solar Subsidi sebagai bentuk upaya Pertamina agar dapat menyalurkan BBM Solar Subsidi JBT tepat sasaran dan pendistribusian agar lebih termonitor dan tepat volume. Foto : Pertamina

MAJALENGKA (CIREBON BRIBIN) - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melakukan perluasan wilayah transaksi BBM Solar Subsidi menggunakan QR Code di Jawa Barat yaitu Kabupaten Majalengka mulai 26 Desember 2022. Uji coba awal Desember lalu di beberapa wilayah Regional Jawa Bagian Barat seperti Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Pandeglang mendapat respon positif dari masyarakat.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan menjelaskan bahwa perluasan uji coba kewajiban transaksi BBM Solar Subsidi secara nasional akan dilaksanakan serentak di 23 Kabupaten Kota. Untuk perluasan Uji Coba di Provinsi Jawa Barat terdapat di Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Majalengka. 

Lokasi SPBU secara lengkap dapat dilihat di website My Pertamina. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk transaksi pembelian Solar Subsidi, QR Code tidak wajib menggunakan handphone atau gadget, QR Code dapat di print dan dibawa ke SPBU.

“Bagi masyarakat di Kabupaten Majalengka yang belum memiliki QR Code dan belum mendaftarkan kendaraannya, dapat mendatangi 22 SPBU Kabupaten Majalengka yang mulai menerapkan uji coba ini dengan membawa dokumen-dokumen yang di perlukan. Pertamina sudah menyediakan Help Desk untuk membantu masyarakat mendaftar” jelas Eko. 

Masyarakat juga dapat mendaftarkan kendaraannya dari mana saja melalui website My Pertamina dengan menyiapkan dokumen yang nantinya akan diunggah melalui website yaitu foto KTP, foto diri, foto STNK, tampak depan dan belakang, foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan untuk konsumen layanan umum atau non-kendaraan juga menyiapkan foto surat rekomendasi dan foto KIR.

Eko menambahkan bahwa uji coba penerapan subsidi tepat secara menyeluruh (Full Cycle) atau menggunakan kode QR untuk transaksi pembelian Solar Subsidi sebagai bentuk upaya Pertamina agar dapat menyalurkan BBM Solar Subsidi JBT tepat sasaran dan pendistribusian agar lebih termonitor dan tepat volume.

Sebelum penerapan di seluruh Indonesia, uji coba yang di lakukan Pertamina akan  bertahap untuk  menguji kesiapan dan kehandalan sistem digitalisasi dalam mendukung penyaluran Solar subsidi lebih tepat sasaran dan uji kehandalan infrastruktur digital di SPBU, antara lain EDC QR Code, kehandalan sinyal, dan kesiapan perangkat lainnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar