Senin, Oktober 10, 2022
Monumen Lokomotif B1304 yang telah selesai diperbaiki dan dicat ulang.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Indonesian Railway Preservation Society (IPRS) melakukan persemian perbaikan tampilan eksterior Monumen Lokomotif B1304 yang terletak di Jalan Stasiun Kejaksan Kota Cirebon.

IRPS sendiri adalah komunitas pecinta kereta api yang memusatkan perhatian dan kegiatannya pada penyelamatan dan pelestarian aset perkeretaapian yang bernilai sejara.

Perbaikan Monumen Lokomotif B1304 di Cirebon merupakan kegiatan perdana sekaligus meresmikan IRPS Cirebon.

Ketua Umum IRPS, Ricky Dirjo mengungkapkan, Lokomotif B1304 yang berada di muka Stasiun Cirebon ini meski masih bagus secara fisik namun perlu beberapa perbaikan.

"Warna agak kusam, kaya aksesoris banyak yang hilang, bagian-bagian body banyak yang patah. Kemarin kita coba preservasi dengan cara dilas, menambah aksesoris seperti kaca, pengecatan ulang seperti aslinya dan menambah teknis ringkasan-ringkasan ini supaya orang umum pas lewat ga cuma tahu tapi juga mengerti sejarahnya," ungkapnya.

Sementara itu, VP PT KAI Daop 3 Cirebon mengatakan Lokomotif B1304 ini tinggal satu-satunya di Indonesia.

"Lokomotif ini peninggalan jaman Belanda produksi Jerman. Dari rekan-rekan IRPS ini dengan jeli bisa memperbarui kembali, merestorasi sehingga tampilannya menjadi lebih mendekati aslinya lagi. Terima kasih rekan-rekan IRPS," katanya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar