Kamis, 06 Oktober 2022

Kamis, Oktober 06, 2022
Golden Melon dapat tumbuh subur di smart greenhouse UPT Balai Pengembangan Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon. Foto : DKPPP Kota Cirebon.

HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - UPT Balai Pengembangan Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon memiliki green house yang canggih.

Pasalnya, greenhouse untuk budidaya hortikultura dengan sistem hidroponik tersebut dibekali teknologi smart green yang dapat dikendalikan secara otomatis berdasarkan sensor dan berbasis android, hal ini membuat produktivitas greenhouse menjadi optimal.

Kepala DKPPP Kota Cirebon, Yati Rohayati, menjelaskan sebelumnya, smart greenhouse ini juga sudah pernah ditanami sayuran dan sudah panen.

Saat ini pihaknya menanam golden melon dan tomat ceri di dalam greenhouse.

“Ada beberapa buah yang siap panen. Kita panen, ini panen perdana,” kata Yati.

Ia menambahkan dengan teknologi smart green ini membuktikan bahwa melon juga bisa tumbuh di Kota Cirebon karena suhunya bisa diatur.

Hanya saja, kendalanya bibit golden melon masih impor. Selain itu, teknologi ini juga masih tergolong mahal.

“Untuk tanaman melon bisa dipanen dalam kurun waktu dua sampai dua setengah bulan,” tutur Yati. 

Satu tanaman bisa tiga kali panen dan diupayakan satu pohon satu buah supaya hasilnya maksimal.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi berharap, greenhouse yang dilengkapi oleh teknologi smart green ini bisa terus dikembangkan, sehingga menghasilkan tanaman pangan dan hortikultura yang produktif. 

Bahkan Agus juga berharap bisa dikembangkan di masyarakat.

“Tempat ini juga bisa dijadikan destinasi. Baik destinasi wisata dan edukasi untuk masyarakat Cirebon," katanya. (CB-003)