Sabtu, September 03, 2022
Vaksin booster untuk menguatkan kembali kekebalan tubuh masyarakat setelah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua. Foto : BINDA Jabar

GREGED (CIREBON BRIBIN) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Barat menggelar vaksinasi massal di Desa Lebakmekar, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Sabtu (3/9/2022). Kegiatan yang disambut antusias masyarakat tersebut disertai pembagian BLT dari anggaran desa.

Sehingga masyarakat yang telah divaksin akan diberikan BLT dari perangkat desa yang berada di lokasi tersebut. Kegiatan vaksinasi massal merupakan kontribusi BINDA Jawa Barat mendorong terbentuknya kekebalan komunal.

PJ Kuwu Lebakmekar, Nanang menuturkan, kegiatan itu menyediakan pelayanan vaksinasi dari mulai dosis pertama, kedua, dan ketiga atau booster. Diakuinya target vaksinasi massal tersebut diikuti oleh 3.000 warga Desa Lebakmekar dan sekitarnya.

"Vaksinasi ini bertujuan membentuk herd immunity di wilayah Kabupaten Cirebon khususnya di tengah ancaman penyebaran subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia. Sehingga masyarakat harus tetap waspada," jelasnya.

Disebutkannya, masyarakat tetap harus waspasa meski saat ini situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Cirebon pun relatif melandai. Sehingga melihat perkembangan pandemi Covid-19 terbaru maka pelaksanaan vaksinasi mesti digenjot kembali.

Selain itu, kekebalan komunal di tengah masyarakat juga berpotensi bisa menurun seiring perjalanan waktu setelah gelombang vaksinasi dosis pertama dan kedua berlalu. Karenanya, masyarakat harus melaksanakan vaksinasi booster.

"Untuk itu, pemberian dosis ketiga atau booster harus segera digencarkan agar kekebalan komunal di tengah masyarakat menghadapi risiko penyebaran Covid-19 tetap memadai," pungkasnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada BINDA Jawa Barat yang telah memfasilitasi kegiatan vaksinasi massal tersebut. Ia mengaku siap berkolaborasi dalam kegiatan serupa ke depannya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar