Senin, Juli 26, 2021
Karya salah satu seniman yang dipamerkan dalam Pameran Seni Rupa "Se-Kat" di Baraja Coffee Indonesia.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Selama sembilan hari sejak 23-31 Juli 2021, bertempat di Baraja Coffee Cirebon digelar pameran seni rupa yang menghadirkan enam seniman kontemporer dari Cirebon dan Kuningan. Keenam seniman tersebut adalah Agus Suwanda, Agung M. Abul, Daniel Adenis, Iskandar Abeng, Niko Permadi dan Yuda Sasmito.

Pameran seni rupa “Se-Kat” dibuka resmi secara virtual oleh Fauzi Heiqmeuh selaku founder Baraja Foundation pada jumat 23 Juli pukul. 16.00 WIB. Dipandu Seha sebagai pembawa acara, pembukaan pameran “Se-Kat” juga dimeriahkan irama saksophone yang dimainkan oleh Yuda Sasmito salah satu seniman yang terlibat dipamerannya.

Founder Baraja Foundation, Fauzi Heiqmuh mengatakan, Baraja Foundation adalah wadah kreatifitas yang berdiri bersamaan dengan baraja Coffee sebagai tempat diskusi dan ruang kreatif yang didirikan pada 2011. Dalam perayaan sepuluh tahun berdiri, Baraja Foundation ingin turut berkontribusi dalam perkembangan seni dan budaya di Cirebon, salah satunya adalah menggelar pameran seni rupa “Sekat”.

Tajuk “Se-Kat” diangkat untuk merespon persoalan-persoalan masyarakat dimasa pandemi covid -19 yang tidak hanya dirasakan oleh warga Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu, tetapi Indonesia bahkan seluruh dunia," katanya

"Covid-19 telah menjadi teror yang sangat berpengaruh besar disegala ranah seperti kesehatan, pendidikan, politik, dan pastinya ekonomi. Selain itu masyarakat dituntut harus bekerja keras tetap produktif dirtengah penyekatan dimana-mana dengan segala keterbatasannya guna bertahan hidup," katanya

Fauzi mengungkapkan, selain digelar pameran yang menampilkan karya dari enam seniman, akan ada juga beberapa rangkaian pendukung untuk merayakan sepuluh tahun Baraja Foundation.

"Diantaranya diskusi seni rupa dan performance art secara virtual," ungkapnya.

Adapun Pameran "Se-kat" ini bisa dikunjungi langsung di Baraja Coffee Jalan Tentara Pelajar No. 107 dengan mematuhi protokol kesehatan, selain itu bisa jugamelalui media sosial instagram @sekat_artspace juga di kanal youtube Sekat_artspace. 

Dia menambahkan, melalui pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk terus merangsang iklim dialog positif serta produktif diantara berbagai perkembangan seni rupa di Cirebon khusunya. 

"Kerjasamaa yang baik antara Baraja Foundation dan Braja Coffee dengan para pemangku kepentingan seperti seniman dan komunitas seni lainnya, pada gilirannya akan menggairahkan semangat terus berkarya dan menumbuhkan apresiasi seni dan kebudayaan dimasyarakat luas, sehingga perkembangan kesenian akan semakin tumbuh dan meluas di nusantara," tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar