Kamis, Oktober 15, 2020


Dari 969 warga Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 672 orang sudah dinyatakan sembuh.

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan mengatakan, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Cirebon mencapai lebih dari 70 persen.

Menurutnya, dari 969 warga terkonfirmasi positif Covid-19, yang sembuh mencapai 672 orang.

"Tingkat kesembuhan di kisaran 70 persen lebih. Ini terus meningkat dari pekan ke pekan," katanya, Rabu (14/10).

Satuan Tugas Kabupaten Cirebon juga telah lama menembus standar pemberian swab test. Sampai pertengahan Oktober, sudah mencapai 26.783 Polymerase Chain Reactive (PCR), atau lebih dari satu persen dari jumlah penduduk.

"Target awal itu 1 persen, yaitu 22.000 PCR. Realisasi kita sudah mencapai 26.783, artinya sudah melampaui," tuturnya.

Nanan menuturkan, satuan tugas, terutama tim medis kini terus mengejar angka kesembuhan. Ada sebanyak 241 orang positif Covid-19 yang menjalani isolasi dan menjadi sasaran penyembuhan.

"Tren kesembuhan terus meningkat. Bahkan tim medis kami sudah menerapkan praktik terapi plasma darah konvalesen dengan hasil dua pasien Covid-19 yang bergejala berat telah sembuh," tutur Nanan.

Dia menambahkan, Kabupaten Cirebon juga telah berhasil meraih standar WHO dalam pencapaian rasio kontak erat orang yang terinfeksi Covid-19 dan tercatat sebagai satu-satu yang terbaik dalam penanganan wabah Covid-19.

Dari 28 daerah di Jawa Barat, Kabupaten Cirebon menempati posisi teratas dalam pencapaian rasio kontak erat per kasus konfirmasi.

"Alhamdulillah, berkat kerja keras seluruh lembaga di satuan tugas, Kabupaten Cirebon bisa memenuhi standar WHO dalam pencapaian rasio kontak erat per kasus konfirmasi," tambahnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar