Selasa, April 09, 2019

Lokasi longsor di Jalur perbatasan Majalengka - Kuningan, Jawa Barat. Foto : Istimewa

CIKIJING (Cirebon Bribin) --  Sebanyak 55 orang berhasil di evakuasi dari lokasi longsor yang terjadi di Jalan Nasional antara Kabupaten Majalengka dan Kuningan Jawa Barat, Senin 8 April 2019.


Hal ini seperti yang disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Majalengka Agus Permana hari ini, Selasa (9/4/2019).


"Kondisi korban semua selamat tidak ada luka serius," kata Agus.


Agus menambahkan, kejadian longsoran tebing terjadi sekitar pukul 18.00 WIB dan menutupi jalan nasional. Ada 55 orang, 23 mobil dan 3 motor yang terjebak akibat timbunan longsor.


Data sementara yang berhasil dihimpun, ada 11 titik longsor
sepanjang jalur perbatasan Cikijing - Kuningan. Ketinggian longsor antara 1 sampai 10 meter. Saat ini petugas dari dinas Bina Marga Jawa Barat tengah bekerja membersihkan puing bekas longosor di sepanjang jalur perbatasan, dengan menerjukan tiga alat berat guna mempercepat proses pembersihan sisa longsor.


"Timbunan longsor menutupi jalan hingga 1,8 kilometer," tambah Agus.


Sementara itu, Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Atik
Suswanti mengatakan, jajaran lantas Polres Majalengka memberlakukan pengalihan arus ke jalur alternatif selama proses pembersihan jalur yang terkena timbunan longsor berlangsung.


"Kami langsung melakukan Pengamanan jalur di pertigaan Mapolsek Cikijing, Pertigaan Desa Cidulang, dan Di sekitar Lokasi
bencana," sebut dia.


Adapun untuk pengalihan arus, kendaraan kecil atau minibus dari arah Ciamis, Tasik dan Majalengka yang menuju Kabupaten Kuningan dialihkan melalui jalur pertigaan Jalan Desa Cidulang menuju jalan raya Desa Cipulus Kabupaten Kuningan Jawa Barat.


"Sementara untuk kendaraan besar dialihkan melalui Jalan Raya Talaga Kabupaten Majalengka," katanya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar