Kunjungan Wisata di Cirebon Terus Meningkat, Bisnis Tour & Travel Malah Lesu - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Selasa, 19 Februari 2019

Kunjungan Wisata di Cirebon Terus Meningkat, Bisnis Tour & Travel Malah Lesu

Biro perjalanan tour & travel di Cirebon (Sumber: Google.com)

KEJAKSAN (Cirebon Bribin) – Usaha tour & travel di wilayah Cirebon masih lesu sejak Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) beroperasi sejak pertengahan 2015 lalu. Padahal, hadirnya Cipali disebut-sebut telah berhasil mendongkrat tingkat kunjungan wisata di Cirebon.
Penyebab utama lesunya usaha tour & travel yaitu kemitraan antara travel agent luar daerah dengan travel agent lokal Cirebon kini tak terjadi lagi sejak Cipali beroperasi.
Budi Ariestia, Pengurus Gabungan Pengusaha Industri Tour & Travel (GAPITT) Wilayah Cirebon menyebutkan sebelum Tol Cipali beroperasi, travel agent Jakarta masih mengandalkan jalur Pantura dan kereta api, sehingga mereka berkolabirasi dengan travel agent lokal untuk mengatar wisatawan selama di Cirebon.
“Sejak Cipali beroperasi, travel agent luar kota menangani sendiri perjalanan wisatawan hingga di Cirebon,” katanya, Selasa (19/02/2019).
Budi menuturkan sejumlah upaya telah diupayakan GAPITT untuk menyakinkan travel agent luar kota bahwa dengan bekerjasama dengan travel agent lokal akan lebih menguntungkan jika dibanding menangani sendiri.
“Kami juga telah menyusun paket-paket wisata menarik di wilayah Cirebon agar usaha tour & travel kembali menggeliat,” tuturnya.
Budi menyebutkan masih ada sejumlah masalah yang harus dicarikan solusinya oleh semua pihak agar usaha tour & travel kondisinya membaik. Masalah pertama yaitu penataan destinasi wisata dan tiket masuk obyek wisata khususnya wisata keraton yang masih dinilai terlalu mahal oleh kalangan wisatawan.
“Selain itu keberpihakan instansi atau perusahaan swasta terhadap travel agent lokal masih kurang, sebab masih banyak yang memakai travel dari luar kota,” ujarnya.
Budi berharap pengelola tempat wisata, Pemda dan pengusaha tour & travel duduk bersama mencari solusi agar berkah peningkatan kunjungan wisata dengan adanya Tol Cipali bisa dinikmati semua kalangan.
“Misal Pemda mengeluarkan aturan atau imbauan agar perusahaan swasta di Cirebon lebih mendahulukan travel agent lokal,” tambahnya. (CB-001).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot