Ingin Sukses, Produk UMKM Harus Punya 3 Ciri Ini - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Kamis, 28 Februari 2019

Ingin Sukses, Produk UMKM Harus Punya 3 Ciri Ini

Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri berikan tips pengembangan bisnis bagi UMK di Cirebon, Rabu (27/2/2019).
KESAMBI (Cirebon Bribin) -- Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri menjelaskan bahwa untuk mengembangkan bisnisnya di era global sekarang ini. UMKM harus bisa menghasilkan produk yang memiliki 3 ciri.
Yang pertama adalah produk yang memiliki kualitas baik, kedua memiliki harga jual bersaing, dan terakhi produksinya berkelanjutan.
“Untuk menghasilkan produk semacam itu, perlunya teknologi dan peningkatan kemampuan dari UMKMnya sendiri,” ujarnya saat ditemui usai menjadi pembicara dalam Seminar Nasional dengan tema Menyongsong Kebangkitan Bisnis UMKM yang berlangsung di Ruang Kaliandra, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, Rabu (27/2/2019).
Setelah 3 ciri itu terpenuhi, lanjut Rokhmin. Dari sisi marketing atau pemasaran juga perlu diperbaiki. Agar produk UMKM dapat tereserap.
Disinilah menurut Rokhmin, peran pemerintah sangat dibutuhkan bagi UMKM untuk bisa berkembang.
"Pemerintah daerah dapat memfasilitasi agar UMKM ini bisa tampil di expo-expo, kalau perlu hingga tingkat internasional," ujarnya.
Tetapi, kembali Rokhmin mengingatkan. Tiga syaratnya tadi, harus bisa di penuhi UMKM sebelum produknya ingin bisa dipasarkan.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot