Ekonomi Warga Waruduwur Terbantu Usaha Pengupasan Rajungan - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Kamis, 28 Februari 2019

Ekonomi Warga Waruduwur Terbantu Usaha Pengupasan Rajungan

Aktivitas Ibu Rumah Tangga di Desa Waruduwur Kabupaten Cirebon
MUNDU (Cirebon Bribin)—Perekonomian warga di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon terbantu dengan adanya usaha pengupasan rajungan, karen para ibu rumah tangga di desa itu menggeluti pekerjaan sampingan sebagai pengupas cangkang rajungan dengan upah Rp20.000/kg.
Seorang ibu rumah tangga dalam sehari rata-rata mampu mengupas cangkang rajungan sebanyak 10 kg atau mendapatkan upah Rp200.000/hari. Pekerjaan itu dilakukan ketika pasokan rajungan datang.
Menurut Lastri, salah satu pengupas rajungan di Desa Waruduwur semakin banyak rajungan yang dikupas, maka upah yang dia dan teman-temannya terima semakin banyak.
“Sistem kerjanya borongan jadi kami bekerja mengupas rajungan harus cepat,” katanya, Kamis (28/02/2019).


Pemilik usaha pengupasan rajungan di Waruduwur, Edi mengungkapkan rajungan yang telah dikupas nantinya dijual ke pengepul kemudian dikirim ke pabrik untuk diekspor.
“Sekarang harga rajungan sedang turun yaitu Rp250.000/kg, biasanya Rp300.000/kg,” ungkapnya.
Seorang nelayan di desa yang sama, Kasim menjelaskan sekali melaut dirinya bisa mendapatkan 1-2 kg rajungan yang dijual seharga Rp60.000-Rp70.000/kg untuk rajungan yang belum dikupas dan Rp200.000/kg untuk rajungan yang sudah dikupas.
“Saya melaut dengan  perahu kecil yang biaya produksinya Rp50.000 per sekali melaut, kalau perahu besar bisa dapat 70-80 kg per sekali melaut,” jelasnya.
Kasim menambahkan biaya produksi atau operasional perahu yang besar Rp4 juta per sekali melaut dengan hasil rajungan sampai 80 kg.
“Perahu kecil biasanya melaut sehari, sedangkan kapal besar biasanya 4 hari di laut,” tambahnya. (Didin Supirman/Magang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot