Manfaatkan Lahan di Kota, Kelompok Tani Ini Berhasil Tanam Cabai

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis hadiri panen cabai merah
www.cirebonbribin.com, CIREBON-- Manfaatkan lahan yang ada, kelompok petani Sipanggang Jaya, berhasil menanam cabai dengan hasil panen yang cukup menggiurkan.

Hal ini di akui Boni, selaku ketua kelompok tani yang hanya berjumlah 5 orang ini. Usai panen raya cabai bersama Walikota Cirebon Drs Nashrudi Azis dan juga Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon, Maharani Dewi.

"hasil yang didapatkan dari panen cabai merah ini cukup lumayan untuk kehidupan kami,"ungkapnya, Selasa (23/1)

Dari luas lahan cabai yang hanya lebih kurang 5,5  hektar di RT 6 RW 19 blok Sipanggang, Lohbunta, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Saat pertama kali melakukan panen, sekitar 10 hari yang lalu berhasil didapatkan 1,3 ton, panen kedua didapatkan 4,2 ton.

“Sedangkan hari ini belum dihitung karena masih dilakukan panen,” tambah Maharani.

Sementara itu, Azis mengungkapkan dirinya merasa bangga di tengah-tengah pesatnya pembangunan di Kota Cirebon masih ada lahan pertanian.


 Apalagi hasil panen cabai merah ini bisa membantu perekonomian anggota kelompok tani dengan dijual ke sejumlah pasar baik di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon hingga dikirim ke Bandung.

"Padahal saat ini Kota Cirebon sudah dikenal sebagai kota metropolitan yang sangat pesat pembangunannya. Ini berarti, lanjut Azis, masyarakat Kota Cirebon tidak melupakan jati diri sebagai bangsa yang agraris," ungkap Azis.

Untuk itu Azis pun berjanji akan mempertahankan lahan-lahan produktif yang dimiliki oleh pemerintah agar tidak beralilh fungsi. Lahan-lahan produktif tersebut akan tetap dipertahankan sebagai lahan pertanian.


“Kepada masyarakat yang masih memiliki lahan produktif, saya berharap tidak dijual. Agar lahan tersebut nantinya tetap bisa ditanam untuk kebutuhan pangan warga,"pungkasnya.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM