YPKP Kota Cirebon Berikan Apresiasi Kepada Penderita Kanker




Kegiatan YPKP Kota Cirebon untuk Penderita Kanker
www.cirebonbribin.com, CIREBON-- Dalam sebuah acara, dr. Tresnawaty mengatakan perjuangan kaum perempuan melawan kanker payudara belum berhenti. Pengetahuan tentang kanker payudara pun harus terus diberikan tanpa mengenal lelah. Terutama untuk memdeteksi dini dan bagaimana untuk menghadapinya.
Sebab, saat ini masih banyak wanita yang takut dan malu bila mengalami penyakit ini. Orang yang sudah tervonis kanker payudara atau biasa yang disebut penyintas juga butuh orang-orang disampingnya untuk mendukung keadaan mereka.
Namun, kondisi saat ini justru banyak penyintas yang kemudian sedih, depresi dan putus asa lantaran merasa sendirian dalam menghadapinya. Padahal, kanker payudara bisa dicegah sedini mungkin.
"Kami tunjukkan mereka, para penyintas ini tidak sendiri. Kita bisa berjuang bersama dengan yang lain," kata Ketua Yayasan Peduli Kesehatan Payudara (YPKP) Cirebon, dr. Tresnawaty usai Talkshow, Motivasi dan peresmian YPKP Cirebon di Grage Hotel Cirebon, Sabtu (4/2/2017).
Ia mengatakan, melalui acara tersebut ingin menunjukkan penyintas masih bisa cantik dan berkarya. Dalam kegiatan tersebut pun sejumlah penyintas dari Wilayah III Cirebon menjadi peragawati. Berlenggak-lenggok di atas catwalk bak model profesional.
"Dukungan orang-orang sekitar menjadi penambah kekuatan. Seperti, kasih sayang anak kepada ibunya dan ingin agar ibunya sehatm. Itu akan memberi semangat penyintas untuk sembuh," ujarnya.
Menurutnya, dengan kegiatan ini pihaknya mengajak penyintas untuk sejenak melupakan penderitaan dan tetap semangat melanjutkan perjuangan mereka. Dihibur penampilan artis ibu kota asal Cirebon, Dewi Yull dan diberikan juga sedikit sovenir untuk memberikan semangat berjuang kepada para penyintas.
"Gerakan kami bermula dari komunitas dan saat ini sudah menjadi yayasan. Setelah menjadi yayasan, tentu kami bisa lebih bisa leluasa membantu dan terus berjuang untuk para penyintas," katanya.
Ketua Komisi C DPRD Kota Cirebon, dr. Doddy Ariyanto mengaku bangga dengan YPKP Cirebon yang mampu mengakomodir para penyintas di Kota Cirebon untuk tetap survive. Menurutnya, keberadaan para penyintas tersebut juga bisa menjadi pengingat kepada kaum wanita di Kota Cirebon untuk menjaga "asetnya" dengan baik dan melakukan deteksi dini.
"Ini juga menjadi PR Pemkot Cirebon untuk memberikan support dengan menyediakan pelayanan satu atap kanker payudara. Dari mulai diagnosa, terapi dan pencegahan dalam satu wadah. Dalam hal ini bagaimana RSUD Gunung Jati menjadi rujukan penyakit kanker payudara," ujarnya.
Dalam kegiatan tersebut, YPKP Cirebon juga bekerja sama dengan banyak pihak, khususnya Grage Group untuk mengadakan even bertajuk Love For Breast Cancer Survivors itu. Direktur Utama Grage Group, Bamunas Setiawan Boediman mengatakan, kanker memang penyakit yang tidak bisa disembuhkan lantaran belum ada obatnya. Namun, menurutnya, jika bisa melakukan deteksi dini maka para penyintas bisa ditangani secepatnya.
"Cuma masalah ketidaktahuan saja sebenarnya, itu kunci utamanya. Kami dari Grage Peduli kalau bisa berbagi kenapa tidak, sehat itu mahal. Buat para penyintas tetap semangat ini bukan akhir dari segalanya," pungkas Dia.
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM