Senin, 05 Juni 2023

Senin, Juni 05, 2023
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis memberikan sambutan pada acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Senin (5/6).

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengatakan, hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Juni adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran dan penyelamatan lingkungan.

"Hari Lingkungan Hidup juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan pencapaian dan terus melanjutkan tekad kita dalam mengatasi tantangan lingkungan hidup yang dihadapi dunia hingga saat ini," katanya dalam peringatan Hari Lingkuang Hidup Sedunia hari ini, Senin (5/6).

Dalam upaya membangun masyarakat Kota Cirebon yang kuat dan tanggap terhadap permasalahan lingkungan, salah satunya adalah timbulan sampah yang semakin meningkat tetapi belum dapat diiringi dengan upaya pengelolaan yang maksimal, Azis berharap masyarakat Kota Cirebon dapat mengambil peran dalam meminimalisasi sampah dimulai dari sumber.

"Mari kita lakukan gaya hidup ramah lingkungan dengan melakukan aksi kecil yang dapat membawa perubahan besar bagi kebaikan Kota Cirebon," ujar Azis.

Adapun cara yang bisa dilakukan adalah penggunaan kembali, merngurangi produksi sampah dan mempreoses kembali menjadi barang yang berguna atau Re-use, Reduce dan Recycle (3R).

"Dan melakukan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan dimulai dari rumah serta menjadikan momen hari lingkungan hidup sebagai solusi pengurangan sampah di Kota Cirebon," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Azis juga mengajak seluruh stakeholder untuk terus melakukan berbagai langkah dan upaya dalam rangka mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif agar lingkungan sehat.

"Mari kita terus menjaga keseimbangan manusia dan alam," pungkasnya. (CB-003)