Senin, Mei 29, 2023
KA Ranggajati akan mengalami perubahan jadwal keberangkatan mulai tanggal 1 Juni 2023.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Salah satu kereta dengan keberangkatan awal dari Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon yang mengalami perubahan jadwal mulai 1 Juni 2023 adalah KA Ranggajati (KA 116).

KA Ranggajati merupakan KA yang terdiri dari kelas eksekutif dan bisnis dengan rute Cirebon- Ciledug- Ketanggungan-Bumiayu-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutowinangun-Yogyakarta-Klaten-Solobalapan-Sragen-Madiun-Ngawi-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Surabaya Gubeng-Sidoarjo-Bangil-Pasuruan-Probolinggo-Klakah-Tanggul-Rambipuji-Jember. Adapun lama perjalanan KA Ranggajati ini yakni sekitar 13 jam 50 menit.

Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi menyampaikan harga tiap sub kelas bisa berbeda karena tergantung dari posisi strategis tempat duduk penumpang.

"Pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023, KA Ranggajati ini hanya ada satu kali perjalanan dalam sehari yakni pukul 06.45 WIB dari Stasiun Cirebon dan datang di Stasiun Jember Pukul 20.35 WIB," ujar Ayep dalam keterangannya, Jumat (26/5).

Tari KA Ranggajati Relasi Cirebon-Jember untuk kelas eksekutif M berkisar antara Rp410.000 sampai dengan Rp555.000. Sementara kelas bisnis berkisar antara Rp310.000 sampai dengan Rp 390.000.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon masih memberlakukan tarif khusus untuk KA Ranggajati rute Cirebon-Purwokerto dengan harga tiket kelas eksekutif Rp85.000 dan harga tiket kelas bisnis Rp55.000 sedangkan untuk rute Cirebon-Yogyakarta dengan harga tiket kelas eksekutif Rp170.000 dan harga tiket kelas bisnis Rp135.000.

"Tarif khusus dimaksudkan untuk optimalisasi pendapatan angkutan penumpang dengan memanfaatkan idle seat," jelasnya.

Ayep melanjutkan, calon penumpang bisa melakukan pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access atau loket di stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan selama tiket masih tersedia.

"KAI mengimbau kepada pelanggan dengan keberangkatan 1 Juni 2023 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar tidak tertinggal keretanya karena sudah berlaku Gapeka 2023," ujar Ayep.

KAI juga mengingatkan para pengendara yang melintasi perlintasan sebidang KA agar berhati-hati dan tertib berlalu lintas sehubungan terdapat beberapa perubahan jadwal KA-KA yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon.

"Kami berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2023 ini, pelanggan kereta api akan semakin meningkat karena banyak dilakukan inovasi, seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan KA-KA baru, dan lainnya. Selain itu, dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo yang ditawarkan, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” tutup Ayep. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar