Sabtu, April 08, 2023
Pemkab Cirebon terus berupaya menurunkan angka stunting. Foto : Diskominfo Kabupaten Cirebon

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, menyebutkan, angka stunting di Kabupaten Cirebon menurun.

Menurutnya, berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan angka tersebut.

“Angka stunting di Kabupaten Cirebon sudah mengalami penurunan dari 15.299 kasus menjadi 14.014. Artinya, sudah mengalami penurunan sebesar 1,6 persen," katanya di Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon.

Ia menjelaskan, menurunnya kasus stunting berkat kerja keras semua pihak, mulai dari Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

Menurut Ayu, program yang sudah lakukan, seperti pendataan, kemudian pendampingan kepada orang tua dan anak-anak stunting juga sudah berjalan. Bahkan, untuk audit kasus stunting juga sudah dilakukan.

"Kami berharap kedepan, dalam satu tahun kita bisa turun 3 persen kasus stunting di Kabupaten Cirebon," harap Ayu.
Ia pun optimis, tahun 2024 mendatang wilayah Kabupaten Cirebon bisa terbebas (zero) stunting, meskipun posisi Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) masih diangka 18 persen.

"Harapannya, bisa turun dan sesuai dari program pusat yang memang harus konvergensi antara provinsi, kabupaten/kota. Supaya di tahun 2045, menjadi generasi emas generasi unggul dan bisa zero stunting," lanjutnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar