Selasa, April 25, 2023
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Ariek Indra Sentanu

KEDAWUNG (CIREBON BRIBIN) - Kapolres Cirebon Kota, AKBP Ariek Indra Sentanu mengatakan pihaknya sudah menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas menghadapi arus balik Lebaran.

Beberapa strategi tersebut disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan di jalur arteri Pantura khususnya di wilayah Kota Cirebon karena diberlakukannya one way di jalur Tol. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres-polres lain.

"Antisipasi di jalur alternatif, kita sudah berkoordinasi dengan jajaran Polres Cirebon Raya," katanya, Senin (24/4).

Ia mencontohkan pihaknya bersama Polres Indramayu sudah berkoordinasi, untuk arus kendaraan dari arah Jakarta sudah disiapkan jalur alternatif dengan dialihkan ke Jatibarang dan masuk ke Kota Cirebon melalui Kapetakan hingga ke Mundu lalu Jawa Tengah.

"Di Kapetakan, Suranenggala, Lemahwungkuk sampai ke Mundu arah Jateng juga sudah kita persiapkan baik personel maupun imbauan-himbauan di sepanjang jalur tersebut," ujarnya.

Terkait antisipasi di jalur bypass Kota Cirebon sendiri. Ariek menjelaskan pihaknya akan memberlakukan buka tutup.

Penutupan dilakukan secara situasional seperti sebelum Lebaran.

"Kita lakukan buka tutup agar yang bisa menikmati arus lalin di Kota Cirebon tidak hanya pemudik tapi masyarakat lokal di Kota Cirebon pun bisa melakukan berniaga, kuliner, berbelanja. Mereka pun memiliki hak yang sama," jelasnya.

Hal lain yang akan dilakukan oleh Polres Cirebon kota yakni bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk menertibkan parkir-parkir liar yang dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Kami melakukan pencegahan, sebelum terjadinya parkir liar. Maka tim urai dari Lalu Lintas melakukan penyisiran di jalur-jalur atau lokasi keramaian yang biasa ada parkir liar," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar