Kamis, April 27, 2023
Semburan api di Rest Area KM 86 B Tol Cipali. Foto : ASTRA Tol Cipali

CIREBON (CIREBON BRIBIN) - PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) sampai dengan hari ini masih mengupayakan pemadaman api di rest area km 86 B yang ditutup sejak kemarin akibat muncul semburan api.

Direktur Operasional ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo mengatakan, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak berisitirahat selama arus balik lebaran 2023 dapat beristirahat di rest area Cipali KM 102 atau di rest area selanjutnya di KM 62 Ruas Tol Jakarta – Cikampek (Japek) milik Jasa Marga.

"Atau bisa keluar di Gerbang Tol terdekat," katanya dalam keterangan resminya hari ini, Kamis (27/4).

Terkait semburan api yang terjadi di rest area Km 86 B tersebut, Ia menjelaskan ini bukan berasal dari galian sumur bor baru.

“Kami tidak pernah melakukan penggalian sumur bor baru di rest area 86 B Tol Cipali. Semburan api ini berasal dari sumur bor eksisting yang memang biasa digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari di rest area 86B. Sebelumnya kami melaksanakan pemasangan pipa penyambung sebagai upaya meningkatkan kapasitas pompa submersible untuk meningkatkan layanan rest area KM 86 B. Dalam kejadian ini juga tidak ada ledakan yang muncul,” jelas Agung.

ASTRA Tol Cipali bersama dengan pihak-pihak terkait yakni Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran Subang, Polres Subang, Polda Jabar dan juga dibantu oleh tim Pertamina terus berkoordinasi dalam upaya penanganan semburan api di rest area KM 86 B.

Untuk melokalisir area yang terdampak semburan api, ASTRA Tol Cipali memasang pagar perisai spandex mengelilingi area foodcourt sepanjang 156 meter.

"Sejak semalam kami lakukan 
pemasangan pagar perisai spandex di lokasi semburan api dengan jarak 4-5 meter dari lokasi terdekat sumber api. Hal ini kami lakukan atas hasil koordinasi kami dengan Polres Subang, Polda Jabar, Damkar, BPBD, dan Pertamina. Jika diperlukan kami juga akan mencari tenaga ahli terkait dengan proses pemadaman ini yang tentunya sesuai dengan hasil koordinasi dan rekomendasi pihak-pihak terkait,” tambah Agung.

ASTRA Tol Cipali juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergi yang terjalin dari seluruh 
pihak yang terlibat diantaranya Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa  Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran Subang,  Polres Subang, Polda Jabar dan Pertamina. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar