Jumat, 14 April 2023

Jumat, April 14, 2023
Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Lebaran di halaman Parkir Stasiun Cirebon. Jumat (14/4). Foto : Daop 3 Cirebon

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon telah menetapkan masa angkutan Lebaran Tahun 2023 selama 19 hari, mulai 14 April sampai 2 Mei 2023. Guna memastikan kesiapan personel, Daop 3 Cirebon melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Lebaran di halaman Parkir Stasiun Cirebon.

Vice President Daerah Operasi 3 Cirebon, Takdir Santoso, mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pekerja Kantor Daop 3 Cirebon, perwakilan dari posko-posko di stasiun, petugas pengamanan dari unsur internal KAI yakni Polsuska dan security, serta bantuan eksternal yaitu TNI, Polri serta petugas tambahan/relawan dari masyarakat, Customer Service Mobile dan Komunitas Pencinta Kereta Api (RF) IRPS Korwil Cirebon dan RF KRD3.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan seluruh personel pengamanan Angkutan Lebaran Tahun 2023 yang akan bertugas mulai 14 April 2023 hingga 2 Mei 2023,” ujarnya, Jumat (14/4).

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api, PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon menyiapkan personel keamanan yang terdiri dari personel Polsuska 94, personel security 113, dan bantuan eksternal dari TNI-Polri sebanyak 50 anggota.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA serta obyek-obyek penting lainnya, seperti Dipo lokomotif dan kereta, dengan total petugas 257 orang.

"Serta tetap menjalin komunikasi dan koordinasi dengan unsur-unsur keamanan TNI-Polri di sepanjang jalur KA," kata Takdir

Pada bidang pelayanan, lanjut Takdir. PT KAI Daop 3 Cirebon menambah petugas “Customer Service Mobile” (CSM) untuk melayani para pengguna jasa di Stasiun selama masa angkutan Lebaran Tahun 2023. Untuk mempermudah pelayanan kepada pelanggan, petugas CSM ditempatkan di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan. Selain petugas CSM ada juga petugas Posko bantuan Komunitas Pecinta Kereta Api (RF) IRPS Korwil Cirebon dan KRD3 dengan tugas memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun ramai penumpang.

Untuk pelayanan kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon menempatkan petugas paramedis dan dokter serta ambulans posko di beberapa stasiun besar, seperti Cirebon, Cirebon Prujukan, Jatibarang, Arjawinangun dan Brebes. Serta koordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA, untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat.

"PT KAI Daop 3 Cirebon melakukan upaya sebaik mungkin untuk mendukung masa angkutan Lebaran 2023 berjalan aman, nyaman dan berkesan," tambahnya. (CB-003)