Selasa, April 18, 2023
Selain bantuan Cadangan Pangan Pemerintah yang diberikan kepada 503 Keluarga Penerima Manfaat, Pemkab Cirebon juga memberikan bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) kepada masyarakat. Foto : Diskominfo Kabupaten Cirebon

GEBANG (CIREBON BRIBIN) - Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon, membagikan sejumlah bantuan dalam kegiatan Gebyar Ramadan di Desa Kalipasung Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, Senin (17/4).

Dalam kegiatan yang juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang ke 541 ini, Pemkab Cirebon memberikan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah, kepada 503 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Tadi, kami memberikan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah, kepada 503 Keluarga Penerima Manfaat," ujar Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih.

Ayu menuturkan, selain bantuan Cadangan Pangan Pemerintah yang diberikan kepada 503 Keluarga Penerima Manfaat, pihaknya juga memberikan bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) kepada masyarakat. 

Pemkab Cirebon juga kata Ayu, memberikan bantuan kepada para petani dan permodalan bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil menengah.

"Bantuan-bantuan ini, dalam rangka menekan angka inflasi," ujar Ayu.

Saat ini ujar Ayu, sejumlah komoditi pokok mengalami kenaikan harga. Apalagi, beberapa hari lagi akan menghadapi lebaran. Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan, seperti telur, minyak, beras dan juga cabai.

Sehingga bantuan ini, sebagai salah satu bentuk kehadiran pemerintah, untuk membantu warganya. Selain itu, bantuan yang diberikan saat ini, yaitu untuk meningkatkan gizi masyarakat, agar terhindar dari stunting.

"Ini merupakan moment yang pas untuk memberikan bantuan kepada masyarakat," kata Ayu.

Ayu juga menambahkan, bahwa pihaknya juga memberikan bantuan bibit cabai, untuk para penggerak PKK di tingkat desa dan kecamatan.

Ayu berharap, bibit cabai ini nantinya bisa ditanam di pekarangan rumah, sehingga bisa mengurangi pengeluaran biaya kebutuhan rumah tangga. Apalagi kata Ayu, harga cabai sering mengalami kenaikan.

"Sehingga kalau sudah punya tanamannya di rumah, nggak usah beli lagi. Jadi mengurangi pengeluaran," kata Ayu. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar