Jumat, 17 Maret 2023

Jumat, Maret 17, 2023
Barang-barang yang ditemukan petugas gabungan saat razia di dalam lapas Kesambi, Kamis (16/3) malam.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Antisipasi adanya barang-barang terlarang dan berbahaya. Petugas gabungan gelar razia di lapas Kesambi, Kota Cirebon, Kamis (16/3).

Kepala lapas kelas 1 Cirebon, Kadiyono mengatakan, razia ini juga dalam rangkaian kegiatan hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-59. Dan kegiatan razia ini serentak dilakukan seluruh Jawa Barat.

" Razia gabungan Ini adalah kegiatan bersih-bersih lapas dalam rangkaian kegiatan hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-59. Dan kegiatan razia ini serentak dilakukan seluruh Jawa Barat pada malam hari ini " Ujarnya. Kamis (16/03/2023).

Ia menuturkan, petugas yang terlibat diantaranya terdiri dari petugas lapas, TNI, BNN dan polri.

Petugas memeriksa kamar tahanan satu persatu dan dengan teliti.

"Petugas juga memeriksa tubuh setiap warga binaan," tuturnya.

Dalam razia tersebut, lanjutnya. Ditemukan beberapa barang yang tidak seharusnya berada di dalam lapas.

"Seperti paku, gunting kuku, pecahan kaca cermin, obeng, kabel listrik, sendok, garpu, bohlam lampu, korek api gas, karet pelindung handphone dan lainnya," kayanya.

"Tapi petugas tidak menemukan alat komunikasi handphone maupun narkoba di dalam kamar para narapidana," tambah Kadiyono.

Usai razia, warga binaan yang kedapatan menyimpan barang terlarang yang seharusnya tidak berada di dalam lapas saat razia akan diberikan pembinaan dan peringatan.

"Sebenarnya razia seperti ini bukan hanya dilakukan malam ini saja, tapi dilaksanakan secara itu rutin," pungkasnya. (CB-003)