Rabu, Maret 08, 2023
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi. Foto : Diskominfo Kabupaten Cirebon

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Grebeg Cirebon Katon yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon telah resmi dibuka oleh Bupati Cirebon, Imron Rosyadi pada Senin malam (6/3).

Dalam kesempatan pembukaan kegiatan yang akan berlangsung tanggal 5 sampai dengan 19 Maret 2023 tersebut, Imron menyampaikan bahwa diadakannya Grebeg Cirebon Katon tersebut adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Grebeg Cirebon Katon yang terpusat di Stadion Watubelah Sumber ini bertujuan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, dengan menghadirkan Cirebon Expo, beragam kuliner, UMKM dan lain-lain," kata Imron.

Grebeg Cirebon Katon sendiri diisi berbagai kegiatan. Mulai dari pameran multi produk, tenan UMKM, pasar rakyat, berbagai perlombaan, penampilan seni budaya hingga konser band lokal dan nasional.

"Peringatan Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon tahun ini mengangkat tema Cirebon Ning Kene Kih, yang artinya Cirebon itu di sini," lanjut Imron.

Selain itu, pada Grebeg Cirebon Katon ini juga menampilkan kebudayaan dan kesenian Kabupaten Cirebon.

"Pada acara Grebeg Cirebon Katon ini, kita tampilkan juga budaya-budaya Cirebon, dengan tujuan agar budaya Cirebon tetap lestari. Mari kita lestarikan nilai-nilai yang baik dan kita gali nilai baru yang lebih baik," pungkas Imron.

Selaras dengan Imron, Ketua Panitia Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon, Hilmy Riva'i yang juga merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, mengungkapkan bahwa Grebeg Cirebon Katon ini menjadi momentum untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

"Momentum saat ini, dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan, sehingga diadakanlah Grebeg Cirebon Katon," ujar Hilmy.

Ia pun berharap, agar kedepan kegiatan Grebeg Cirebon Katon ini bisa diselenggarakan setiap tahunnya.

“Mudah-mudahan acara Grebeg Cirebon Katon ini bisa diselenggarakan setiap tahun sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar