Selasa, Februari 14, 2023
Pelepasan mahasiswa peserta KKN-PPM di Auditorium Kampus 1 UGJ. Foto : Humas UGJ

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si melepas 761 mahasiswa peserta KKN-PPM Tahun Akademik 2022/2023 Semester Ganjil di Auditorium Kampus I UGJ. (14/2).

KKN-PPM semester ganjil tahun ini tersebar di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Kab. Kuningan. Dengan mengusung tema “Pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi stunting melalui pemanfaatan lingkungan”, diharapankan para mahasiswa dapat membantu pemerintah daerah dalam penanggulanganan stunting di daerah Cirebon dan Kuningan.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari pemerintah Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Kabupaten Kuningan, Rektor UGJ beserta para pimpinan di lingkungan UGJ, Para Camat, Lurah se-kota Cirebon, Kepala Desa di wilayah Kab. Cirebon dan Kab. Kuningan yang dijadikan tempat KKN-PPM oleh mahasiswa UGJ.

Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) UGJ H. Harmono, SH., MH dalam laporannya menyampaikan, tahun ini UGJ mengirim 761 mahasiswa, yang terdiri dari Fakultas Hukum 222 mahasiswa, Fakultas Pendidikan dan Sains 129 mahasiswa, Fakultas Teknik 140 mahasiswa, Fakultas Kedokteran 183 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2 mahasiswa dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis 15

“Program-program KKN yang disusun dan diimplementasikan oleh mahasiswa KKN, merupakan program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat setempat," katanya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Rektor UGJ menyampaikan, mahasiswa UGJ melalui program KKN-PPM harus mampu membantu pemerintah daerah, dalam rangka membantu percepatan pembangunan, termasuk permasalahan stunting yang hampir semua wilayah ini menjadi persoalan.

“Selama 35 hari kedepan, saatnya kalian semua mengimplementasikan ilmu yang telah kalian dapat untuk kemudian diterapkan di masyarakat, sesuai dengan kebutuhan tempat kalian KKN, apakah teori dan ilmu yang didapat atau tidak sesuai dengan praktek di lapangannya atau tidak," ujarnya

Lebih lanjut Rektor UGJ berharap pendampingan dari mahasiswa ini dapat membantu masyarakat lebih cepat dalam penanggulanganan stunting melalui pemanfaatan lingkungan.

“Saya berpesan kepada seluruh mahasiswa KKN-PPM, jaga diri kalian, jaga nama baik almamater kampus dan berikan yang terbaik kepada masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon yang diwakili oleh Kasi Kesra Setda Kabupaten Cirebon menyampaikan, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kontribusi dan kepedulian UGJ kepada Pemerintah Daerah dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya haturkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada UGJ, yang selama ini terus menjalin hubungan yang baik dengan Pemerintah Kabupaten, dan terimakasih juga atas kepedulian UGJ, sehingga saat ini UGJ memberikan 761 mahasiswa untuk melaksanakan KKN-PPM di wilayah Cirebon dan Kuningan. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam percepatan penanggulanganan stunting," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar