Sabtu, 18 Februari 2023

Sabtu, Februari 18, 2023
Para juri sedang mengamati ikan-ikan Koi milik peserta untuk diberikan penilaian.

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Gelaran event 1st Cirebon Koi Show banyak diminati para penghobi ikan asal Jepang ini.

Terbukti, pada event yang berlangsung di Grage City Mall 17-19 Februari 2023 tersebut. Banyak peserta berdatangan, bahkan sampai dari Kalimantan.

1st Cirebon Koi Show sendiri merupakan kontes ikan Koi pertama di Kota Cirebon yang diinisiasi Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI) dan Cirebon Koi Community (CKC).

Ketua Panitia Cirebon Koi Fest, Alek Chaerudin, mengatakan, pada 1st Cirebon Koi Show ini, ada sebanyak 941 ikan yang terdaftar.

"941 ikan koi tersebut milik 331 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa, bahkan ada yang datang dari Kalimantan," katanya di Grage City Mall hari ini, Sabtu (18/2).

Ia menjelaskan, ada lima kategori dari 22 jenis ikan yang dilombakan dalam kontes ini.

Menurutnya, 1st Cirebon Koi Show ini bisa disebut event berskala Nasional.

"Ada sebanyak 12 juri, 9 dari APKI dan 2 juri dari Philipina serta 1 dari Singapura," jelasnya.

Melalui event ini pihaknya berharap agar penghobi Koi di Cirebon bisa semakin banyak dan ikut bergabung dalam komunitas.

"Kami berharap event Cirebon Koi Show ini bisa menjadi agenda tahunan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua APKI yang juga menjadi juri dalam Cirebon Koi Show, Santoso, mengatakan, penilaian dalam kontes ini antara lain overall beauty, lalu merambah body, kualitas kulit, warna, dan corak ikan.

Menurutnya, dalam kesempatan kontes Koi pertama di Cirebon ini banyak kejutan-kejutan yang ditemui para juri.

"Kualitas ikan koi yang ditampilkan juga banyak yang baru, sehingga kami para juri juga melihatnya lebih fresh, karena muncul kandidat champion baru," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang peserta asal Banjarmasin, Dwi Kurniawan, mengatakan ada hal yang membuat dirinya tertarik mengikuti event ini.

"Sektor industri koi di Pantai Utara Jawa (Pantura) sekarang ini semakin menggeliat," katanya.

Ia menambahkan, dirinya sengaja membawa puluhan ekor ikan Koi miliknya untuk diikutsertakan.

"Hari ini, kami membawa lebih dari 25 ekor ikan koi yang turun di hampir semua kategori Cirebon Koi Fest," tambahnya. (CB-003)