Minggu, Februari 05, 2023

 

Kemeriahan Cap Go Meh di Kota Cirebon pada tahun 2019

CIREBON BRIBIN - Perayaan Cap Go Meh 2023 di Kota Cirebon akan  digelar pada Minggu 05 Februari mulai pukul 13.00 WIB.

Cap Go Meh  sendiri adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa

Menjelang acara kirab Cap Go Meh di Kota Cirebon pada hari minggu besok, panitia sudah melakukan persiapan yang cukup matang.

Panitia dari perayaan Cap Go Meh Bapak Iwan Santoro saat ditemui Vihara Dewi Welas Asih menyebutkan pihaknya terus mempersiapkan peringatan Cap Go Meh. Salah satunya menghias tandu atau joli untuk acara kirab Cap Go Meh.

 ”Akan ada joli tamu untuk wilayah kota ada 4 dewa dewi yang akan memeriahkan acara kirab Cap Gomeh, untuk Vihara Dewi Welas Asih akan ada 6 joli, dan dari vihara-vihara dari luar Kota Cirebon akan diwakili 1 joli, jadi totalnya akan ada 10 joli,

Joli sendiri adalah  sebuah tandu berwarna merah yang melambangkan cinta kasih.”

Adapun untuk acara besok Walikota Cirebon Bapak Nazrudin Azis akan hadir untur memberikan sambutannya lebih lanjut Bapak Iwan Santoro menuturkan untuk kirab besok juga akan dimeriahkan dengan menyalakkan petasan bersama – sama yang secara simbolis, mengangkat salah satu joli yang berisi  dewa kejujuran”

Pak Iwan juga menuturkan bahwa untuk pembukaan Kirab Budaya Cap Go Meh di Kota Cirebon akan dilaksanakan pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. (Iskandar/magang).

0 comments:

Posting Komentar