Jumat, Desember 09, 2022
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis Foto : Pemda Kota Cirebon

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) – Inovasi berbasis elektronik perlu digali dalam sistem kearsipan di Kota Cirebon. Hal ini agar kearsipan berorientasi pada prinsip-prinsip kecepatan, ketepatan, dan keakuratan.

Demikian dikatakan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, usai membuka Rapat Koordinasi Kearsipan tahun 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Cirebon, di ruang Berlian Hotel Zamrud, Rabu (7/12).

“Salah satu upaya mengoptimalkan peran pemerintahan di era digital dalam penyelenggaraan kearsipan,” kata Azis.

Menurutnya, arsip merupakan dokumen penting dan dapat menjadi referensi untuk mengambil kebijakan. Sebab, arsip dapat dijadikan bukti autentik dan terpercaya bagi perangkat daerah dalam mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang dilaksanakan.

“Saya meminta seluruh perangkat daerah untuk dapat melihat ulang pelaksanaan pengarsipan, apakah telah sesuai dengan manajemen pengarsipan atau belum,” ujarnya.

Keberhasilan kearsipan, lanjut Azis, sangat bergantung pada sinergitas, kebijakan, pembinaan, dan pengelolaan kearsipan. Selain itu, harus didukung sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang berkualitas.

“Ini bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, tata kelola kearsipan yang tertib dan profesional,” tutur Azis.

Sementara itu, Kepala Dinas Dispusip Kota Cirebon, Gunawan mengungkapkan, rapat koordinasi sebagai bentuk upaya peningkatan pengelolaan arsip bagi perangkat daerah.

“Kami ingin keberadaan arsip di perangkat daerah terdata dan tersimpan dengan baik. Selain itu, arsip sebagai bukti pertanggungjawaban perangkat daerah,” tuturnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar