Rabu, Desember 14, 2022
One Day With Citizen (ODWC), di ruang Griya Sawala, DPRD Kota Cirebon melakukan diskusi bersama dengan pegiat budaya dan seniman. Foto : Dok. Humas DPRD Kota Cirebon 

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - DPRD mengajak seluruh elemen masyarakat dan penyelenggara pemerintahan untuk lebih memperhatikan eksistensi budaya, kesenian, dan sejarah di Kota Cirebon. Hal ini penting guna menjaga warisan leluhur.

Hal tersebut disampaikan langsung Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana saat memberikan sambutan dalam acara One Day With Citizen (ODWC), di ruang Griya Sawala.

Dalam forum ini sejumlah stakeholder termasuk perangkat daerah terkait hadir untuk bertukar pikiran dengan pegiat budaya serta seniman di Kota Cirebon.

Disampaikan Ruri, forum ini menjadi kesempatan yang baik untuk menjalin komunikasi antara penyelenggara pemerintahan dengan masyarakat. Utamanya berkaitan dengan kondisi kebudayaan dan seni di Kota Cirebon.

Ruri menilai Kota Cirebon punya warisan luhur di bidang seni, budaya dan sejarah. Untuk itu diperlukan langkah yang tepat, tidak hanya melestarikan tapi juga mengembangkannya menjadi sektor potensial.

“Namun seiring berkembangnya zaman, sedikit demi sedikit beberapa kesenian, terutama seni pertunjukan rakyat mulai berkurang peminatnya. Tentunya kita harus peduli pada pengembangan dan pelestarian kesenian serta budaya Cirebon,” ujar Ruri.

Dialog terbuka bersama pegiat budaya dan seniman, lanjut Ruri, telah menjadi momentum tepat untuk merawat kembali nilai-nilai warisan leluhur yang tersimpan pada kesenian dan budaya di Kota Cirebon.

“Oleh karena itu dalam kesempatan ini seniman dan budayawan Cirebon terus berinovasi dan mengajak generasi muda untuk menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya,” tuturnya.

Diskusi bersama dengan pegiat budaya dan seniman ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Handarujati Kalamullah SSos. Selain itu turut hadir pula Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati dan sejumlah anggota DPRD Kota Cirebon. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar