Jumat, November 18, 2022
RTIK Kabupaten Cirebon memiliki program-program inovatif yang saat ini sedang dijalankan. Foto : Dok. RTIK Kabupaten Cirebon

CIREBON (CIREBON BRIBIN) - Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) Kabupaten Cirebon, memborong tiga penghargaan, pada ajang Festival TIK (Festik) 2022 yang diselenggarakan pada 16-17 November di Pontianak Kalimantan Barat.

Tiga penghargaan yang diraih yaitu, program inovasi terbaik, pandu digital relawan TIK terbaik dan anugerah transformasi digital desa terbaik.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Cirebon Akhmad Rofahan mengatakan, program inovasi terbaik, karena RTIK Kabupaten Cirebon memiliki program-program inovatif yang saat ini sedang dijalankan. Salah satunya yaitu pendampingan desa.

"Pelayanan dan informasi desa, kita arahkan untuk berbasis digital," ujar Rofahan, Kamis 17 November 2022.

Menurut Rofahan, pendampingan desa yang dilakukan oleh RTIK Kabupaten Cirebon ini, berkolaborasi dengan Diskominfo Kabupaten Cirebon dan Zeo Technology.

Salah satu tujuan dari program pendampingan desa ini, yaitu untuk memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat dan juga memberikan kemudahan dalam pelayanan.

Selain diajarkan dalam pemanfaatan media sosial, aparat desa juga dilatih mengelola Sistem Informasi Desa (SID) untuk mempermudah layanan.

Salah satu yang sudah dikembangkan, yaitu pelayanan administrasi dengan hanya menggunakan tapping KTP. Pelayanan tersebut sudah dilakukan di Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung, yang juga mendapatkan penghargaan di Pontianak.

Dengan tapping KTP tersebut, petugas tidak perlu mengetik ulang nama dan alamat warga yang akan mengurusi persuratan.

"KTP tinggal ditempelkan dan nanti sudah tercantum nama dan alamatnya. Warga tinggal memilih mau mencetak jenis surat seperti apa," kata Rofahan.

Selain pendampingan desa, pada tahun 2022 ini, Relawan TIK Kabupaten Cirebon juga, berhasil meliterasi sebanyak 4.000 pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Cirebon.

Kegiatan literasi itu, dilaksanakan secara roadshow ke sejumlah sekolah dan kampus. Rofahan mengklaim, capaian sasaran yang terliterasi ini, merupakan yang terbesar diantara gerakan relawan TIK lainnya di Indonesia.

"Mungkin, capaian sasaran literasi yang dilakukan oleh Relawan TIK Kabupaten Cirebon, merupakan capaian terbesar, dibandingkan dengan gerakan RTIK lainnya di Indonesia," ujar Rofahan.

Rofahan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota RTIK Kabupaten Cirebon, yang sudah secara maksimal memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Cirebon.

Selain itu, Rofahan menilai, dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Diskominfo Kabupaten Cirebon yang sangat besar, sangat membantu diraihnya tiga penghargaan pada Festik 2022 ini.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada para kuwu,kepala sekolah dan instansi lainnya yang telah bekerjasama dengan RTIK Kabupaten Cirebon," ujarnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar