Rabu, September 28, 2022
Pemberian vaksin rabies dan sterilisasi gratis untuk hewan peliharaan. Foto : SPH Cirebon

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon bersama dengan Yayasan Sahabat Peduli Hewan (SPH) menyelenggarakan kegiatan vaksinasi rabies dan sterilisasi gratis untuk hewan peliharaan milik masyarakat.

Pemberian vaksin dan sterilisasi gratis ini digelar dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day yang jatuh pada hari ini, tanggal 28 September 2022.

Kegiatan tersebut digelar pada 28 September 2022 di Grage City Mall dan didukung oleh Japfa.

Dalam kegiatan ini, DKPPP memberikan 116 vaksin rabies pada kucing dan anjing. Juga dilakukan sterilisasi sebanyak 16 kucing jantan.

Kukuh Gunatama, Sub Koordinator Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait rabies.

Rabies sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang umumnya ditularkan dari hewan peliharaan jenis anjing, kera, kucing, musang dan kelinci.

"Mengingat pentingnya vaksinasi ini, kami ingin memberikan kemudahan pada masyarakat untuk memperoleh vaksin rabies," ujar Kukuh.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan edukasi pada pemilik hewan peliharaan mengenai vaksin rabies. Termasuk mengenai vaksin yang harus disuntikkan setidaknya satu tahun sekali.

"Tentu saja harapannya dengan adanya kegiatan ini kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin rabies bertambah dan risiko penularan rabies juga bisa tekan," lanjut Kukuh.

Volunteer Yayasan Sahabat Peduli Hewan (SPH), Novita Damayanti menyebutkan jika kegiatan vaksin rabies gratis ini merupakan bagian dari program edukasi dari Yayasan SPH.

Disebutkan Novita, SPH memiliki misi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap hewan peliharaannya.

Hal ini penting agar pemilik hewan peliharaan memiliki pengetahuan dasar tentang binatang yang dipeliharanya.

"Semoga saja kegiatan ini bermanfaat dan menambah pemahaman masyarakat mengenai pentingnya vaksin rabies," ujarnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar