Senin, September 19, 2022
Koleksi busana Nina Nugroho yang dipadupadankan dengan koleksi batik Keraton Kanoman Cirebon.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Nina Nugroho pamerkan lima koleksi busana yang dipadankan dengan koleksi Batik Keraton Kanoman dengan tema ‘Caruban’ di depan Balai Kota Cirebon dalam gelaran "Malem Mingguan Ning Bale Kota", Sabtu (17/9).

Turut hadir dalam kesempatan ini, Juru Bicara Keraton Kanoman, Ratu Raja Arimbi Nurtina dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmajaya.

Kelima busana yang dipamerkan Nina Nugroho inu sebelumnya juga pernah memukau penonton dalam event Front Row Paris 2022 yang digelar di Bateu Chansonnier Port Debilly Paris dan La Galerie Bourbon.

Nina mengatakan, koleksinya tersebut sebenarnya sudah banyak diminati oleh orang-orang di luar negeri. Namun Ia sengaja tidak langsung melepaskannya karena memiliki misi tersendiri.

"Lebih besar nilainya apabila menyebar insipirasi di Cirebon dulu dibandingkan dilepas di dunia internasional karena targetnya memang membangun awarnes dulu bahwa ini ada batik Cirebon yang luar biasa," katanya.

Koleksinya sendiri terdiri dari midi shirt, shirt, tunik dan outer/cape yang dipadankan dengan pipe pants, cullote dan skirt. Detil berupa kancing Swarovski dan diperkaya dengan interlining dari bahan satin yang nyaman dan lembut. Batik klasik Cirebon beragam motif dipadukan dengan bahan cotton bridal premium yang menambah kesan elegan namun ringan.

Nina menjelaskan, dalam busana karyanya ini ada 7 motif batik dari Keraton Kanoman Cirebon.

"Untuk koleksi batiknya dari 5 busana ada 7 motif," jelasnya.

Sementara itu, Raja Ratu Arimbi mengatakan bersyukur batik koleksi Keraton Kanoman bisa mendunia.

"Tentunya ini bukan hanya membawa nama pribadi namun juga nama Cirebon," katanya.

Ditambahkan Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya menambahkan pihaknya berterima kasih kepada Nina Nugroho atas kesediaannya membawa koleksi busananya yang mendunia untuk dinikmati warga Kota Cirebon dalam gelaran "Malem Mingguan Ning Bale Kota".

"Seperti diketahui Nina Nugroho merupakan tokoh Cirebon yang sudah malang melintang dan dikenal di dunia, momentum ini diharapkan bisa menginspirasi masyarakat," tambahnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar