Kamis, September 29, 2022
BINDA Jawa Barat terus gencot capaian vaksin Covid-19. Foto : BINDA Jawa Barat.

WALED (CIREBON BRIBIN) - Vaksinasi massal dari Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Barat mendatangi Desa Karangsari, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Kamis (29/9). Kegiatan tersebut berjalan lancar, sukses dan disambut antusiasme masyarakat.

Vaksinasi tersebut menargetkan 4.000 dosis yang terdiri dari dosis pertama, kedua, dan ketiga atau booster. Kegiatan tersebut merupakan kontribusi BINDA Jawa Barat dalam mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di Kabupaten Cirebon.

Kuwu Karangsari, Hj. Ida Aika Rosida menyebutkan, vaksinasi tersebut bertujuan membentuk herd immunity di wilayah Kabupaten Cirebon, khususnya di Desa Karangsari. Terlebih di tengah ancaman penyebaran subvarian Omicron baru BA.4 dan BA.5.

"Saat ini, kasus Covid-19 di Desa Karangsari sudah melandai, tetapi masyarakat tetap harus waspada apalagi Kementerian Kesehatan RI telah mendeteksi penyebaran subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia," jelasnya.

Saat ini, lanjut dia situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Cirebon juga relatif melandai akan tetapi kewaspadaan tidak boleh lengah. Diakuinya target vaksinasi massal di Desa Karangsari diikuti oleh 4.000 warga setempat.

Sehingga melihat perkembangan pandemi Covid-19 terbaru maka pelaksanaan vaksinasi mesti digenjot kembali. Kegiatan vaksinasi kali ini juga menyasar seluruh kalangan masyarakat dari mulai anak remaja hingga lansia.

Selain itu, kekebalan kelompok di tengah masyarakat juga berpotensi bisa menurun seiring perjalanan waktu setelah gelombang vaksinasi dosis pertama dan kedua berlalu. Sehingga harus melaksanakan vaksinasi booster untuk meningkatkannya kembali.

"Sehingga pemberian vaksin dosis ketiga atau booster harus segera digencarkan agar kekebalan komunal di tengah masyarakat menghadapi risiko penyebaran Covid-19 tetap memadai," paparnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar