Jumat, September 30, 2022
Pelindo Regional 2 Cirebon berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan TJSL secara terjadwal. Pelaksanaan program tersebut diklasifikasikan dalam enam tema berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan Kota Cirebon dan sekitarnya. Foto : Pelindo

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Bergabungnya Pelindo 1, 2, 3, dan 4 di tanggal 1 Oktober 2021 memberikan pengaruh signifikan pada penyaluran program bantuan sosial kepada Kota Cirebon dan sekitarnya.

Melalui Pelindo Regional 2 Cirebon, yang merupakan salah satu cabang dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero), bantuan tersebut dikemas dan didistribusikan melalui beberapa program.

Yaitu Berbagi Takjil, Santunan untuk 50 Anak Yatim, 5.950 Paket Sembako Gratis, Berbagi Qurban 10 Ekor Sapi, Penanaman 10.000 Mangrove, Sosialisasi Pola Hidup Sehat, Renovasi Masjid, Bantuan Champion Scholarship untuk 19 Mahasiswa IAIN Syech Nurjati Cirebon, 12 Paket Bantuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK), serta yang baru saja dilakukan pada Bulan September ini yaitu Program Penanaman 800 Pohon Produktif.

Seluruh program tersebut merupakan bagian dari perwujudan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo Regional 2 Cirebon ditargetkan kepada masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya, khususnya masyarakat yang berdomisili di sekitar Pelabuhan Cirebon, dengan harapan agar masyarakat merasa lebih dekat dengan Pelindo Regional 2 Cirebon sehingga dapat bersinergi dengan baik demi kemajuan Kota Cirebon dan sekitarnya.

Program TJSL sendiri merupakan pengembangan dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Program TJSL merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan.

Dalam implementasinya, Pelindo Regional 2 Cirebon berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan TJSL secara terjadwal. Pelaksanaan program tersebut diklasifikasikan dalam enam tema berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan Kota Cirebon dan sekitarnya.

Tema program TJSL yang diusung oleh Pelindo Regional 2 Cirebon sepanjang tahun 2022, antara lain Program Tanpa Kelaparan, Program Ekosistem Kelautan, Program Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Program Pendidikan Berkualitas, Program Penghijauan, dan Program Bantuan Sarana dan Prasarana.

Sepanjang 2022, Pelindo Regional 2 Cirebon telah mendistribusikan program TJSL dalam beragam Subtema Program. Tujuannya, agar program yang telah disusun menjadi tepat guna dan tepat waktu. Penyalurannya pun telah melalui proses yang mengacu kepada panduan penyaluran program TJSL sebagaimana ketentuan yang berlaku di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

General Manager Pelindo Regional 2 Cirebon, Tengku Mursalin Rahim memaparkan, sampai akhir September, pihaknya telah melakukan 10 program TJSL yang terbagi dalam 6 subtema.

Untuk subtema Program Tanpa Kelaparan di salurkan melalui Program Berbagi Takjil, Santunan Anak Yatim, Sembako Gratis, dan Pelindo Berbagi Qurban. Subtema Kehidupan Sehat dan Sejahtera dilakukan melalui program Penanaman Mangrove, lalu pada subtema Ekosistem Lautan dilakukakan kegiatan Sosialisasi Pola Hidup Sehat.

Untuk subtema Pendidikan Berkualitas, dilakukan kegiatan Pelindo Champion Scholarship dan Bantuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Selanjutnya Program Renovasi Masjid menjadi salah satu agenda yang dilaksanakan pada subtema Sarana dan Prasarana.

"Terakhir, yang terbaru kami melaksanakan Program TJSL subtema Program Penghijauan yang diwujudkan dengan Penanaman Pohon Produktif, paparnya.

Tengku menambahkan, dalam pelaksanaan penyaluran TJSL, Pelindo Regional 2 Cirebon selalu berkoordinasi dengan perangkat daerah setempat. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan penyaluran TJSL yang tepat guna.

"Dalam pelaksanannya, kami banyak memperoleh dukungan dari berbagai perangkat daerah, di antaranya Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara, Yayasan Daarut Tauhid Cirebon, Kelurahan Panjunan, Kelurahan Lemahwungkuk, IAIN Syekh Nurjati, dan para tokoh masyarakat di Kota Cirebon dan sekitarnya," tambahnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, ke depannya, program TJSL Pelindo Regional 2 Cirebon akan terus dilaksanakan secara periodik sebagaimana komitmen Pelindo Regional 2 Cirebon untuk terus hadir di antara masyarakat guna menyokong perekonomian negara.

Dalam kesempatan terpisah, Irfan, salah satu penerima program TJSL Pelindo Regional 2 Cirebon dalam bentuk Paket Sembako Gratis menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo Regonal 2 Cirebon.

"Kami mengucapkan terima kasih atas adanya program TJSL, terutama program-program sosial yang dilakukan Pelindo Regional 2 Cirebon. Kami sangat terbantu," ujar Irfan. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar