Jumat, September 23, 2022
Manajemen Pelindo Regional 2 tanam pohon buah mangga dan jambu. Foto : Pelindo Regional 2.

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Sebagai jawaban atas isu-isu lingkungan yang ada, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Cirebon atau Pelindo Regional 2 Cirebon melaksanakan penanaman 800 Pohon Produktif.

Aksi ini merupakan salah satu perwujudan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sekaligus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun pertama PT Pelindo (Persero) paska integrasi pada 1 Oktober 2022 mendatang.

Seremonial Program Penanaman Pohon tersebut dilaksanakan di Kantor Pelindo Regional 2 Cirebon pada Kamis (22/9).

Hadir dalam acara dimaksud perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Sujana beserta jajarannya, Lurah Lemahwungkuk, Kadiro, serta Mahasiswa IAIN Cirebon. Sedangkan Dari Pelindo Regional 2 Cirebon sendiri, hadir mewakili General Manager, Ferdi H Harahap, beserta jajarannya.

Sebanyak 800 pohon produktif dialokasikan untuk ditanam di area Kelurahan Lemahwungkuk dan Kelurahan Panjunan. Seluruh pohon produktif yang ditanam berjenis Pohon Buah yang terdiri atas pohon mangga sebanyak 600 batang, serta pohon jambu sebanyak 200 batang.


Penanaman pohon yang dilakukan Pelindo Regional 2 Cirebon juga mendukung program Proklim Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon. Foto : Pelindo Regional 2 Cirebon.

Adapun mekanisme penanamannya, Pelindo Regional 2 Cirebon, dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon.

"Kami dari manajemen Pelindo Regional 2 Cirebon mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang diberikan untuk program penanaman pohon ini. Harapan kami, agar apa yang kami lakukan hari ini dapat menjadi solusi atas isu-isu lingkungan yang kerap terjadi di sekitar kita, sekaligus dapat menginspirasi masyarakat untuk bahu-membahu menjaga lingkungan," tutur Ferdi dalam sambutannya.

Hal senada disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Sujana. Menurutnya, aksi pelestarian lingkungan seperti yang dilakukan Pelindo Regional 2 Cirebon adalah langkah yang tepat di era krisis lingkungan dewasa ini.

"Kami dari DLH menyampaikan apresiasi pada Manajemen Pelindo Regional 2 Cirebon. Aksi tanam pohon ini menjadi salah satu poin penting dalam program Proklim yang diberlakukan oleh DLH sebagai langkah dalam mengatasi perubahan iklim," papar Sujana.

Penanaman pohon yang dilakukan oleh Pelindo Regional 2 Cirebon merupakan salah satu program TJSL yang diamanatkan oleh manajemen Pelindo Regional 2 dalam rangka menyambut HUT pertama Pelindo. Program ini menargetkan penanaman 9.000 pohon secara total dengan kuota penanaman yang dibagi secara proporsional kepada 12 cabang di wilayah kerja Pelindo Regional 2.

Manajemen Pelindo Regional 2 Cirebon berharap agar tujuan program TJSL tersebut selaras dengan amanat Pemerintah untuk menjadikan TJSL pondasi dalam menyeimbangkan kegiatan industri yang dijalankan perusahaan dengan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah sekitar Pelabuhan Cirebon. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar