Selasa, 27 September 2022

Selasa, September 27, 2022
Vaksinasi massal Covid-19 BINDA Jawa Barat dosis satu hingga booster untuk masyarakat. Foto : BINDA Jawa Barat.

SUSUSKAN (CIREBON BRIBIN) - Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Jawa Barat terus menggenjot vaksinasi Covid-19 khususnya dosis ketiga atau booster. Kegiatan tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Cirebon.

Kali ini, BINDA Jawa Barat menggelar vaksinasi massal di Desa Susukan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Senin (27/9). Tidak sedikit warga setempat yang menyerbu lokasi vaksinasi massal tersebut.

Kuwu Desa Susukan, Saefudin Adiansyah menuturkan, vaksinasi tersebut menyasar masyarakat umum yang belum melaksanakan vaksinasi booster. Namun, pelayanan vaksinasi dosis pertama maupun kedua juga tetap disediakan.

"Target utamanya adalah vaksinasi booster atau dosis ketiga, tetapi masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi dosis pertama maupun kedua tetap dilayani. Pada dasarnya, kegiatan ini menyediakan vaksinasi dosis pertama sampai ketiga," ucapnya.

Dia menjelaskan, vaksinasi dosis ketiga atau booster sangat diperlukan. Hal tersebut agar tercipta kekebalan tubuh dari wabah Covid-19 yang kembali meningkat. Pasalnya, hingga kini pandemi Covid-19 belum berakhir dan ancaman penyebarannya masih ada.

Sehingga vaksinasi tersebut merupakan upaya untuk menciptakan kekebalan komunal. Terbukti mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi, jika terpapar gejalanya tidak berat. Selain itu juga untuk menganatisipasi munculnya subvarian Omicron baru yaitu BA.4 dan BA.5.

"Vaksinasi dari BINDA Jawa Barat di Desa Susukan ditargetkan diikuti 4.000 orang. Kami menghimbau masyarakat yang telah divaksin tetap menerapkan prokes seperti penggunaan masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan mencuci tangan dengan sabun," pungkasnya. (CB-003)