Jumat, September 09, 2022
Vaksinasi Covid-19 massal di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Foto : BINDA Jabar

MUNDU (CIREBON BRIBIN) - Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Jawa Barat terus menggenjot vaksinasi Covid-19 khususnya dosis ketiga atau booster. Kegiatan tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Cirebon.

Kali ini, BINDA Jawa Barat menggelar vaksinasi massal di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jumar (9/9). Tidak sedikit warga setempat yang menyerbu lokasi vaksinasi massal tersebut.

Bidan Sumarni menuturkan, vaksinasi tersebut menyasar masyarakat umum yang belum melaksanakan vaksinasi booster. Namun, pelayanan vaksinasi dosis pertama dan kedua juga tetap disediakan.

"Target utamanya adalah vaksinasi booster atau dosis ketiga, tetapi masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi dosis pertama maupun kedua tetap dilayani. Pada dasarnya, kegiatan ini menyediakan vaksinasi dosis pertama sampai ketiga," terangnya.

Dia menyebutkan, vaksinasi dosis ketiga atau booster sangat diperlukan. Hal tersebut agar tercipta kekebalan tubuh dari wabah Covid-19 yang kembali meningkat. Pasalnya, hingga kini pandemi Covid-19 belum berakhir dan ancaman penyebarannya masih ada.

Sehingga vaksinasi tersebut merupakan upaya untuk menciptakan kekebalan komunal. Terbukti mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi, jika terpapar gejalanya tidak berat. Selain itu juga untuk menganatisipasi munculnya subvarian baru yaitu BA.4 dan BA.5.

"Vaksinasi dari BINDA di Desa Mundupesisir ditargetkan diikuti 3.000 orang. Kami mengimbau masyarakat yang telah divaksin tetap menerapkan prokes seperti penggunaan masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan mencuci tangan dengan sabun," paparnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar