Rabu, Agustus 03, 2022

Salah satu warga Desa Nanggela menerima vaksin Covid-19.

GREGED (CIREBON BRIBIN) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Barat menyelenggarakam vaksinasi Covid-19 massal di Puskesmas Sumber dan Desa Nanggela, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Rabu (3/8). Kegiatan tersebut berjalan sukses dan disambut antusias masyarakat.

Vaksinasi tersebut menargetkan 2000 dosis yang terdiri dari dosis pertama, kedua, dan ketiga atau booster. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kontribusi BINDA Jawa Barat dalam mendorong terbentuknya kekebalan komunal.

Tenaga Kesehatan Puskesmas Nanggela, Mila menuturkan, vaksinasi tersebut bertujuan membentuk herd immunity di wilayah Kabupaten Cirebon, khususnya di tengah ancaman penyebaran varian baru BA.4 dan BA.5.

"Meskipun kasus COVID-19 mulai melandai namun masyarakat tetap harus waspada apalagi Kementerian Kesehatan RI mendeteksi subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia," terangnya.

Dijelaskannya, saat ini situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Cirebon relatif melandai. Ditargetkan, vaksinasi massal di Desa Nanggela dan Puskesmas Sumber diikuti oleh 2.000 warga setempat.

Sehingga melihat perkembangan pandemi Covid-19 terbaru maka pelaksanaan vaksinasi mesti digenjot kembali. Kegiatan vaksinasi kali ini juga menyasar seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Cirebon.

Selain itu, kekebalan komunal di tengah masyarakat juga berpotensi bisa menurun seiring perjalanan waktu setelah gelombang vaksinasi dosis pertama dan kedua berlalu. Sehingga harus dilaksanakan vaksinasi booster.

"Untuk itu, pemberian dosis ketiga atau booster harus segera digencarkan agar kekebalan komunal di tengah masyarakat menghadapi risiko penyebaran Covid-19 tetap memadai," pungkasnya. (CB-003)

0 comments:

Posting Komentar